Peserta Antusias Ikuti Pemeriksaan IVA - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 22 April 2019

Peserta Antusias Ikuti Pemeriksaan IVA


PRABUMULIH, BS.COM - Ratusan warga atau peserta di Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Kota Prabumulih, Senin (22/4/2019) antusias mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Dimana pemeriksaan IVA secara gratis selama dua hari berturut-turut dilaksanakan Tim PKK Kelurahan Muara Dua bekerjasama dengan Tim PKK Kota Prabumulih bertempat di Pusat Kesehatan Keluarga (Puskeskel) Kelurahan Muara Dua.
"Alhamdulillah, hari ini banyak juga peserta kita yang ambil bagian dalam pemeriksaan IVA ini," ujar Lurah Muara Dua, Muslim SE ketika dibincangi Berantassumsel, Senin (22/4/2019) usai kegiatan tersebut.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti pemeriksaan IVA sejak dini demi mendeteksi penyakit leher atau kanker rahim dikhususkan bagi kaum hawa, yakni tercatat sebanyak 250 peserta.
"Itu peserta terdiri belum menikah atau pun sudah menikah. Tetapi, kegiatan ini diutamakan buat peserta usia produktif yang sudah menikah," ungkapnya pria berkulit putih tersebut.

Ketiga disinggung apakah dari ratusan peserta yang ada, terdapat peserta positif mengidap penykit berbahaya mematikan itu. Menurut Muslim, sejauh ini petugas kesehatan tidak menemukan kasus penyakit tersebut.
"Kalau seandainya memang ada. Maka, tentu hal ini nanti akan ditindaklanjuti pengobatannya kearah lebih serius oleh pemerintah kita terkait," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, agar penyakit tersebut tak membahayakan warga khususnya di wilayah pimpinannya. Pihaknya terus menghimbau kepada sebanyak 38 Ketua RT dan dengan 10 RW.
"Mereka (RT/RW, red) kita diminta mengajak warganya harus ikut serta terkait dalam pemeriksaan IVA yang rutin dilaksanakan kita ini," imbuhnya.

Selain pemeriksaan IVA tersebut bisa dilakukan masyarakat dalam kegiatan penyuluhan seperti ini. Masyarakat pun sebaliknya pula  juga bisa memeriksa kesehatan kanker rahim mereka di Puskeskel Kelurahan Muara berdekatan dengan kantor lurah setiap hari sesuai dengan jam kerja.
"Apalagi pemeriksaan ini memang berguna untuk kesehatan tubuh para wanita itu sendiri. Dengan demikian, sehingga kedepan mereka dapat terhindar dari kasus penyakit mematikan, yang mana soal IVA ini masuk ke dalam kategori Pokja 4," tambah Ketua Tim PKK Kelurahan Muara Dua Puspa Reni Muslim didampingi Penanggung Jawab Puskeskel Muara Dua Irma Iryani dikonfirmasi terpisah. (Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here