Presiden : Seluruh Bidang Tanah di Gresik Bersertifikat 2024 - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 20 Juni 2019

Presiden : Seluruh Bidang Tanah di Gresik Bersertifikat 2024



JAWA TIMUR, BS.COM - Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dengan keseluruhan mencapai  sebanyak 3,200 sertifikat. Penyerahan berlangsung di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Kamis, (20/6/ 2019).

Kepala negara kembali dalam sambutannya menjelaskan, di seluruh Indonesia terdapat sekitar 126 juta bidang tanah yang harusnya bersertifikat.

Namun, hingga 2015 kemarin baru sebatas 46 juta bidang tanah yang memiliki bukti hak kepemilikan.
"Bayangkan, 80 juta bidang tanah yang belum disertifikat. Berarti bapak dan ibu sekalian yang pegang sertifikat hari ini sangat beruntung. Alhamdulillah," ujarnya di hadapan ribuan penerima sertifikat.

Di Gresik sendiri, diperkirakan terdapat sekitar 775, 514 bidang tanah. Dari jumlah tersebut sebanyak 341,606 sudah terdaftar dan memiliki sertifikat. Untuk ratusan ribu bidang tanah yang belum bersertifikat di Gresik, pemerintah menargetkan pada 2024 mendatang seluruh bidang tanah tersebut telah memiliki sertifikat.
"Tadi sudah dijanjikan Pak Menteri BPN, Gresik 2024 semuanya selesai. Pak Menteri yang janji, saya dan bapak, ibu tinggal menagih janjinya. Sekarang, menteri kalau kerja itu pakai target," kata Presiden RI, Joko Widodo.

Demikian halnya bagi bidang tanah di seluruh Indonesia, juga Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dirinya memiliki target untuk menjadikan seluruh rakyat Indonesia memiliki tanda bukti hukum dan kepemilikan atas tanah atau lahan masing-masing.
"Target kita 2025 seluruh Indonesia yang namanya sertifikat ini insyaallah rampung," ucapnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya di Provinsi Jawa Timur, bidang tanah yang telah bersertifikat 54,45 persen dari keseluruhan bidang tanah di provinsi tersebut yang diperkirakan mencapai 19,498,377 bidang. Ia berharap agar program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang dijalankan pemerintah guna mempercepat penerbitan sertifikat untuk rakyat dapat mensejahhterakan rakyat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Timur.
"Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih karena ketika mereka pegang sertifikat tanah maka akan ada harapan kemungkinan bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi keluarga," tukasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here