Dua Banci di PALI Terjangkit HIV AIDS - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 22 Juli 2019

Dua Banci di PALI Terjangkit HIV AIDS


PALI, BS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan menyatakan akan menunda acara pertemuan yang melibatkan para waria atau banci se-kabupaten PALI yang sebelumnya direncanakan hari ini.

Setidaknya hal tersebut diungkapan Kepala Dinkes Kabupaten PALI, Lydwirawan mengatakan, munculnya undangan yang disebar pihaknya tersebut lantaran Dinkes PALI menerima laporan bahwa dua waria asal PALI positif terjangkit HIV. Hal ini pun merupakan tindak lanjut terhadap temuan adanya waria yang positif mengidap HIV.
“Ada dua warga yang berdomisili di PALI terjangkit HIV. Dan mereka biasa disebut waria. Itu alasan kami mengundang mereka,” katanya kepada awak media, Senin (22/7/2019).

Kedua waria yang terjangkit HIV itu merupakan warga Kecamatan Talang Ubi. Sehingga, lanjut dia, pihaknya berinisiatif mengundang para waria untuk diberi penjelasan dan pendekatan agar menerapkan pola hidup sehat, termasuk hubungan sex sehat.
“Jadi tujuannya agar virus HIV tersebut tidak menular. Karena itulah kami berkeinginan memberikan edukasi,” terang Iwan.

Disampaikannya, pihak Dinkes PALI tidak ada maksud lain apalagi untuk memberikan legitimasi terhadap kelompok tersebut. Meskipun yang diundang adalah kelompok waria.
“Kami tidak ada maksud lain, ini semata-mata karena alasan kesehatan dan kemanusiaan. Kami merasa berkewajiban agar penderita HIV di kabupaten kita tidak bertambah. Yang sudah terjangkit kita jaga dan kita rawat sementara yang sehat kita edukasi untuk berperilaku hidup sehat,” terangnya.

Ia menambahkan, kedua waria penderita HIV tersebut saat ini dalam masih pengawasan dan pemantauan pihak Puskesmas Talang Ubi.
“Untuk saat ini pihak Puskesmas Talang Ubi masih terus melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap kedua penderita tersebut,” tukasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here