Ajak Pempred IMO-Indonesia Ikuti UKW - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 25 Agustus 2019

Ajak Pempred IMO-Indonesia Ikuti UKW


JAKARTA, BS.COM - Pemimpin Redaksi hebatriau.com usai mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) di Lantai 3 Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih Nomor 34, Jakarta Pusat 20 hingga 22 Agustus 2019 kemarin. 

Upaya itu dilakukan dalam rangka memenuhi ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018 terkait Standar Kompentensi Wartawan.

Pemimpin Redaksi hebatriau.com, Johan Elvianus Hondro mengungkapkan UKW saat ini dibagi dalam 3 jenjang yaitu Wartawan Muda, Wartawan Madya, dan Wartawan Utama.
"Istilah jenjang kompetensi kewartawanan ini sesuai Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/II/2010," ungkapnya kepada awak media, Sabtu (24/08/2019) di Jakarta.

Ia menyampaikan betapa pentingnya UKW dalam sebuah profesi wartawan. “Sudah selayaknya profesi wartawan memiliki standar-standar kompetensi berjenjang seperti ini, untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan," imbuhnya.

Selain itu, pria keturunan Nias Selatan ini juga menjelaskan tujuan daripada standar kompetensi wartawan diantaranya meliputi. Yakni pertama, meningkatakan kualitas dan profesionalitas wartawan, kedua menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, ketiga menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, keempat menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, kelima menghindari penyalahgunaan profesi wartawan dan terakhir menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.
“LPDS itu tempat pendidikan dan pelatihan kewartawanan yang profesionalitas dan kredibilitasnya luar biasa, selama tiga hari saya banyak mendapatkan ilmu dari pengajar atau penguji yang sudah 30 tahun di dunia jurnalistik” tuturnya penuh semangat.
“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Hendrayana selaku Direktur Eksekutif LPDS, A, A Ariwibowo selaku pengajar/penguji, Lahyanto Nadie, Priyambodo RH, Indria, Ibu Lucia, Ayu dan seluruh jajaran LPDS” sambungnya.

Untuk diketahui Lembaga Pers Dr Soetomo yang didirikan sejak 23 Juli 1988 di Jakarta ini merupakan lembaga pertama yang ditetapkan Dewan Pers sebagai lembaga penguji kompetensi wartawan.

Mengingat pentingnya menjaga dan mengangkat marwah dan harga diri profesi wartawan tersebut.
"Marilah seluruh insan pers di tanah air kita sambut dan ambil kesempatan ini untuk kita dan kepentingan Rakyat banyak” tutupnya.

Sementara itu, Yakub F Ismail mengucapkan selamat kepada Pimpinan Redaksi Media hebatriau.com anggota IMO-Indonesia DPW Provinsi Riau yang telah mengikuti uji kompetensi wartawan selama tiga hari berturut-turut yang diselenggara LPDS kemarin di Jakarta.
"Semoga kedepan dengan lebih banyak lagi pemred media anggota yang mengikuti UKW Utama. Hal tersebut tentunya menjadi tahapan bagi anggota media IMO-Indonesia untuk dapat terverifiaksi oleh dewan pers," pesannya.

Adapun saat ini IMO-Indonesia memfasilitasi media-media anggota untuk dapat berbadan hukum untuk memenuhi Undang-undang 40 Tahun 1999 tentang Perseroan Pers.
"IMO-Indonesia berharap dapat menjadi organisasi yang anggotanya dapat memenuhi regulasi dan perundangan, bertahap kami mendorong dan mengedukasi anggota untuk dapat memenuhi itu semua," tukasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here