Pemkot Prabumulih Bangun Sumur Bor di Rutan Kelas II B - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 30 Agustus 2019

Pemkot Prabumulih Bangun Sumur Bor di Rutan Kelas II B


#Atasi Kekurangan Air Bersih WBR


PRABUMULIH, BSM.COM - Untuk mengatasi kebutuhan air bersih bagi Penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Prabumulih, Pemerintah Kota (Pemkot) bakal membuat sumur bor dalam waktu dekat ini.

Proyek pembuatan sumur bor yang akan dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) tersebut direncanakan akan dilakukan pada tahun ini yang dimasukkan pada Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Tahun 2019.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST mengatakan pihaknya mengusulkan pembuatan sebanyak dua sumur bor di lingkungan Rutan Kelas II B Prabumulih tahun ini.

Menurutnya, pembuatan dua sumur bor tersebut untuk mengatasi kebutuhan air bersih yang menjadi persoalan bagi warga binaan rutan (WBR) tersebut selama ini.
“Insyaallah mudah-mudahan secepatnya akan kita lakukan. Pihak rutan juga sudah berkoordinasi dengan kita,” ungkap Elman saat dibincangi awak media, Jumat (30/8/2019).

Untuk mengatasi kebutuhan air bersih bagi warga binaan pada musim kering seperti sekarang ini, sekda menyampaikan bahwa Pemkot Prabumulih sementara ini juga akan melakukan koordinasi dengan pihak PDAM Tirta Prabu Jaya untuk dapat menjadwalkan pengiriman air bersih ke Rutan Kelas II B Prabumulih, sehingga pasokan air bersih yang dibutuhkan dapat segera terasi.
“Kalau untuk sementara ini, kami juga masih akan menghubungi terlebih dahulu pihak PDAM untuk bisa menjadwalkan pasokan air tersebut, kita juga kan belum tahu apakah setiap minggunya atau setiap hari. Tapi yang jelas pemerintah memperhatikan hal-hal seperti ini,” tandasnya.

Seperti diketahui, Penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Prabumulih, juga mengalami kekurangan air bersih. Setidaknya, untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga binaan dengan jumlah sekitar 510 orang saat ini harus dibutuhkan lebih kurang 2 ribu liter setiap harinya.

Kepala Rutan Kelas II B kota Prabumulih, Reza Meidiansyah Purnama Amd IP SH melalui Kepala Satuan Pengamanan, Doni Mira Saputra SH mengatakan, untuk mengatasi kondisi tersebut pihaknya selama ini harus membeli air ke PDAM Tirta Prabu Jaya.

Namun menurutnya, meskipun ada suplai air bersih dari PDAM dan ditambah dengan sumur bor yang ada di rutan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga binaan. Apalagi saat musim jarangnya turun hujan seperti sekarang ini.
“Diperkirakan kita membutuhkan untuk sehari 1500 liter sampai 2 ribu liter air bersih setiap harinya. Terlebih lagi jarang hujan seperti sekarang ini bisa lebih kadang-kadang. Tapi karena sudah kebutuhan warga binaan selama ini kami biasanya membeli ke PDAM,” tambahnya pria itu dikonfiemasi terpisah. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here