Prabumulih Pantas Miliki Pem-Akamigas - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 02 September 2019

Prabumulih Pantas Miliki Pem-Akamigas


PRABUMULIH, BS.COM - Dari hasil survei Tim Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) ke Prabumulih memastikan pembangunan Politeknik Energi Mineral (PEM) Akademi Minyak dan Gas (AKAMIGAS) pada 2020 dibangun mendatang.

Pembangunan Pem- Akamigas Prabumulih anggarannya naik dari Rp 112 Milyar menjadi Rp 200 Milyar rencana dibangun 1 Januari 2020.
“Prabumulih layak miliki Pem-AKamigas, kita pastikan 1 Januari mendatang dibangun. Dengan dana dari Rp 112 Milyar menjadi Rp 200 Milyar,” ujar Perwakilan BAPPENAS, Rizal Primana ketika dibincangi awak media di sela-sela malam ramah tamah, Kamis (29/8/2019) malam lalu.

Sebenarnya bukan hasil Fisiblity Study (FS) menentukan, lanjutnya, tetapi antusias Pemerintahnya (Pemkot) Prabumulih dan masyarakatnya terkait pendirian Pem-Akamigas di Prabumulih itu terpenting.
“FS bisa belakangan hasilnya dan menyusul. Tujuan kita kesini, paling utama bagaimana sambutan Pemkot Prabumulih dan masyarakatnya terkait rencana pembangunan Pem- Akamigas di Prabumulih,” pungkasnya.

Sebutnya, indikatornya jika contohnya seperti pemkot ini siap didirikan Pem-Akamigas. Itulah menjadi pertimbangannya, untuk mengeluarkan pembiayaan dan pendanaan pembangunan gedung Pem- Akamigas nantinya.
"Anggaran sudah ada, tinggal kita realisasikan saja pembangunan gedung perkuliahannya tahun depan. Kita senang sekali, melihat antusiasme pemkot dan masyarakatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota (Wako), Ir, H Ridho Yahya MM berharap, kedatangan tim survei ini bisa memutuskan dan segerakan realisasi pembangunan Pem- Akamigas Prabumulih awal tahun depan.
“Kita sudah siapkan lahan 15 hektar (Ha), masyarakat mendukung dan siswa asal Prabumulih sudah dikirim 25 orang menimbah ilmu di Pem-Akamigas. Kita berharap pembangunan Pem-Akamigas benar-benar direalisasikan pada 1 Januari mendatang,” harap Ridho.

Ia pun berterima kasih kepada semuanya, karena telah merespon supaya dana pembangunan Pem- Akamigas tidak hanya Rp 112 Milyar tetapi Rp 200 Milyar.
“Kalau mau bangun gedung perkuliah jangan tanggung, kalau bisa dana pembangunan di Bali dialihkan ke Prabumulih. Jadi komplit dan rampung alias tuntas pembangunan Pem-Akamigas Prabumulih, jadi ada kenangan dimasa kepemimpinan saya sebagai wako,” terangnya.

Kata dia, mengapa dirinya ngotot adanya Pem-Akamigas di Prabumulih. Setelah berhasil memasang jaringan gas kota nyaris 100 persen bagi warganya, karena ada nilai historisnya.
“Prabumulih kota migas, dahulu Pendidikan Ahli Migas (PAM) pada 1960 ada di Prabumulih. Kedepan, ada ahli migas di Prabumulih dan tidak perlu mencari keluar lagi,” bebernya.

Selain itu, terkait adanya sumber daya alam (SDA). Khususnya, di Prabumulih bisa bermanfaat guna mensejahterakan masyarakatnya.
“Bukan seperti selama ini, gas diambil. Minyak diambil, warga Prabumulih tidak menikmatinya. Ini batubara mau dieksplorasi juga, makanya kita tolak. Harapan kita, jurusan di Prabumulih tidak sama dengan Pem-Akamigas Cepu,” terangnya ayah tiga anak tersebut.

Direktur Pem-Akamigas Cepu, Prof, RY Pers Burhan mengatakan, semoga Pem-Akamigas Prabumulih tahun depan bisa direalisasikan pembangunannya.
“Di Prabumulih ada batubara dan migas. Penguna jaringan gas di Indonesia terbesar. Kita merencanakan pendirian Pem-Akamigas di Prabumulih, adiknya Pem-Akamigas Cepu,” tukasnya.

Untuk pendiriannya, pihaknya sudah melakukan kajian dan sepertinya Prabumulih memang layak dibangun Pem-Akamigas tersebut.
“2020 mengajukan Pem-Akamigas Cepu mengajukan anggaran diatas Rp 100 Milyar untuk pembangunan Pem-Akamigas di Prabumulih. Selain itu, tidak bisa kita pungkiri sunggu besar animo masyarakat dan masyarakat soal pendirian Pem-Akamigas tersebut,” tukasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here