Ratusan Warga Terserang Penyakit ISPA - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 17 September 2019

Ratusan Warga Terserang Penyakit ISPA


MURATARA, BS.COM - Sebanyak 276 warga Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan terserang penyakit Infeksi saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Data tersebut dicatat sejak 1 September 2019 lalu.
"Dari jumlah itu paling dominan anak-anak, kalau orang dewasa hanya sedikit," kata Kepala Dinas Kesehatan Muratara, Marlinda Sari, Selasa (17/9/2019).

Penyakit ISPA yang diderita warga tersebut diduga akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Penyakit ISPA bisa menyerang siapa saja tidak memandang usia, terutama bayi, balita, anak-anak hingga orang dewasa juga rentan terpapar penyakit tersebut.

Marlinda Sari mengimbau, seluruh warga di wilayahnya dilanda kabut asap dianjurkan menggunakan masker agar kabut asap tidak terhirup secara langsung.

Ia juga menganjurkan warga memperbanyak konsumsi air putih, buah-bahan dan sayur-sayuran.

Menyikapi permasalahan kabut asap ini, pihaknya telah membagikan lebih kurang sebanyak enam ribu masker kepada warga di wilayah Kabupaten Muratara.
"Pembagiannya dilakukan secara serentak setiap puskesmas yang ada, termasuk di ibukota Kabupaten Muratara," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Balai Tekhnis Kesehatan Lingkungan (BTKL) untuk melakukan pengukuran Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).
"Nanti ada tim dari Palembang mau ngukur ISPU di Muratara, kita sudah berkoordinasi dengan mereka, besok Rabu timnya datang ke Muratara," terangnya wanita tersebut. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here