Festival Colour Full Muara Enim Semarak dan Sukses - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 20 Oktober 2019

Festival Colour Full Muara Enim Semarak dan Sukses


MUARA ENIM, BS.COM - Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Festival Colour Full Muara Enim yang festival 2019 tersebut berlangsung Semarak dan Sukses. 

Dimana Festival Colour Full Muara Enim tahun ini merupakan gelaran yang masuk kalender tahunan yang didalamnya dikemas beberapa rangkaian kegiatan, yang dipusatkan di Lapangan Tugu Adipura Muara Enim Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut digelar pada Jumat, (18/10/19) terdapat Festival Nyerumput 5000 Kopi  produksi asli Muara Enim, yakni kopi Semendo.

Festival Nyeruput 5000 Kopi Tahun 2019 langsung dibuka Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muara Enim, H Juarsah SH.

Dalam kegiatan itu turut hadir juga Ketua Tim Wasev TMMD Brigjen TNI Amalsya Tarmizi SIP, Sekda Muara Enim Ir, H Hasanudin MSi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Nino Andrian SE, Forkopinda Muara Enim dan kepala OPD Kabupaten Muara Enim.


Sebelum pembukaan, dilakukan pembacaan ikrar Pernyataan sikap untuk melawan terorisme, siap mendukung dan mensukseskan pelantikan presiden, siap menjaga kondisi yang aman dan damai dan NKRI harga mati.

Brigjen TNI Amalsya Tarmizi SIP dalam sambutannya mengungkapkan, merupakan suatu kehormatan dapat bekumpul dan diundang untuk hadir diacara Festival Nyeruput 5000 Kopi ini .
"Saya bangga dengan kemajuan Muara Enim ini melalui sektor pariwisata, juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Muara Enim atas terselenggara dan suksesnya Festival Nyeruput 5000 Kopi ini," ungkapnya.

Sementara PLT Bupati Muara Enim H Juarsah menerangkan jika Muara Enim
memiliki keindahan alam dan keaneka ragaman budaya yang indah dan salah satunya adalah perkebunan kopi .
"Kopi merupakan minuman terkenal yang mengandung kafein dan memiliki cita rasa yang tinggi. Banyaknya jenis minuman kopi membuat penggemarnya memiliki banyak pilihan untuk dinikmati," kata Juarsah.

Menurut Juarsah, ide kreatif dan unik dalam minum kopi menjadi suatu dimensi yang bisa diunggulkan. Muara Enim merupakan salah satu penghasil kopi yang lahannya berada di Tanjung Agung seluas
lebih kurang 2300 hektar lebih, dengan hasil produksi pertahun lebih kurang 26 ribu ton pertahun.
"Kita patut bangga, Di Palembang, Bengkulu, Lampung Kopi bubuknya ber merk Kopi Semende. Jadi sudah terkenal hingga mancanegara," tegasnya.

Melalui Festival 5000 Kopi ini, Juarsah berharap bisa lebih mengenalkan kopi dengan cita rasa yang bervariasi yang sangat cocok dengan kaum milenial .
"Disamping itu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri ke Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim. Untuk itu harus kita jaga dan dilestarikan," pesannya.



Keesokan harinya, pada Sabtu (19/10/19), dilanjutkan  Festival Kesenian Tradisional. Kegiatan langsung dihadiri PLT Bupati H Juarsah SH, Dandim 0404 Muara Enim, Sekda, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK serta Kepala OPD Kabupaten Muara Enim.

Juarsah menuturkan, pentingnya mengangkat serta mengali potensi wisata kesenian yang ada di Muara Enim.
"Kita patut bersyukur karena salah satu tarian kesenian Muara Enim, yaitu Tari Sambut dapat masuk kewarisan tak benda dan sudah diakui dunia," terang orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang tersebut.

Selanjutnya PLT Bupati memberikan hadiah kepada masyarakat yang keluar sebagai pemenang undian dalam bentuk sepeda motor.


Tidak sampai situ, pada Minggu (20/10/19) kegiatan diisi dengan olahraga bersama melalui Fun Bike Merakyat 2019.

PLT Bupati Muara Enim kembali hadir dan ikut meramaikan Fine Bike Merakyat 2019. Selain itu hadir juga Kapolres, Sekda Muara Enim, Wakil Ketua PKK Dra, Hj Nurhilyah Juarsah, Kepala Bank BPR dan kepala OPD Kabupaten Muara Enim.

Dalam kesempatan ini, PLT Bupati Muara Enim memberikan bantuan kepada 10 anak yatim piatu. Bupati mengatakan kegiatan fine bike bisa terus dapat ditingkatkan dan berkelanjutan guna mendukung visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang merakyat dan agamis berdaya saing mandiri, sehat dan sejahtera.
"Saya mengapresiasi sekali kegiatan positif seperti ini. Agar sewaktu-waktu tertentu atau hari libur kembali diadakan meskipun tidak dalam bentuk formal," tandasnya.


H Juarsah juga berharap agar kegiatan bersepeda dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan kita bersama tetap berkelanjutan.
"Terima kasih kepada semua pihak baik dari Kabupaten Muara Enim maupun dari kabupaten-kabupaten tetangga yang telah ikut serta dalam mengambil bagian diacara kegiatan ini. Semoga kegiatan ini menjadi ajang silaturahim antara masyarakat dan pemerintah sehingga hubungan kekeluargaan dan silaturahmi kita akan tetap selalu terjaga dengan baik,"  harapnya.


Terpisah, PLT Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Isdrin ST mengatakan, Colour Full Festival Muara Enim 2019 bertujuan menarik minat wisatwan untuk berkunjung ke Muara Enim.
"Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," imbuhnya. (Adv/Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here