Warga Sampai Sejumlah Usulan di Musrenbangdesa - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 Desember 2019

Warga Sampai Sejumlah Usulan di Musrenbangdesa


MURATARA, BS.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Sumatera Selatan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Selesa, (17/12/2019).

Kegiatan berlangsung di Balai Desa Bingin Rupit dihadiri oleh Camat Rupit dan Sekretaris Camat Rupit, Perwakilan Danramil 03, Perwakilan Kapolsek Rupit, BPD, Pendamping Desa, Perangkat Desa, dan masyarakat Desa Bingin Rupit.

Dalam Musrenbangdes tersebut berbagai usulan dan masukan yang disampaikan dari tokoh masyarakat, lembaga adat, dan lembaga pendidikan.

Ketua Lembaga Adat Desa Bingin Rupit H Cek Ahmad Nawawi mengusulkan  pembangunan gedung kesenian sekaligus gedung olahraga dengan segala fasilitasnya. Kemudian untuk parangkat desanya tolong diberi kendaraan bermotor demi kelancaran tugas mereka.

Kemudian usulan dilanjutkan dari tokoh masyarakat yaitu H Serom, dalam kesempatan itu dirinya mengusulkan supaya dana desa disisihkan untuk pembangunan masjid.

Selanjutnya usulan disampaikan oleh Samadi salah satu perwakilan warga Desa Bingin Rupit, supaya dibangun jalan setapak dan perehaban jalan menuju Jalan Lintas Sumatera.

Selain itu, usulan juga disampaikan oleh Asri yang mewakili bidang pendidikan. Dalam usulannya Asri mengharapkan kepada pemdes agar membuat pagar sekolah karena pagar sekolah yang ada cuma didepan dan sedikit disamping. Juga lapangan upacara dan lapangan bermain untuk anak-anak karena kalau musim kemarau lapangan sekolah yang ada sangat berdebu sedangkan kalau pada musim hujan sangat becek.

Setelah itu usulan disampaikan oleh Andri perwakilan dari masyarakat Desa Bingin Rupit, dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan beberapa usulan diantaranya pembangunan jalan setapak menujuk ke jembatan gantung sepanjang 20 meter, pembangunan gapura desa, box kofer (gorong gorong), pembuatan siring (irigasi) sawah, untuk dana desa bidang pemberdayaan agar memberikan pelatihan kepada masyarakat seperti belajar mengelas dan lain-lain.

Sementara itu Kades Bingin Rupit, Hengky Basyip mengatakan dari berbagai usulan yang disampaikan oleh masyarakay tersebut nanti akan disampaikan pada Musrenbang Kecamatan namun dari semua usulan yang ada mana yang lebih diprioritaskan.
“Setiap usulan yang masuk ke dalam berita acara nanti akan kami eksplor ke kecamatan namun prioritas kita adalah membuka lahan pertanian seluas 30 hektar beserta akses jalannya. Pembukaan badan jalan atau perluasan perkampungan di bagian selatan Desa Bingin Rupit, agro wisata desa, pelebaran jalan dari jalan lintas ke dalam desa, pembangunan talud bagi rumah warga yang terancam longsor,” paparnya.

Kades berharap kepada Pemkab Muratara tolong bantu masyarakat Bingin Rupit karena Desa Bingin Rupit ini susah sekali untuk mendapatkan bantuan. “Tolong diperhatikan Desa kami pak, jangan sampai masyarakat kecewa dengan pemerintah. Jika masyarakat sudah kecewa dengan pemerintah nanti, apapun kegiatan pemerintah mereka tidak akan mendukung lagi. Jika kita ambil dari dana desa anggarannya  sangat terbatas,” akunya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here