Ajak Warga14 Ulu Gotong Royong Bersihkan Aliran Sungai Kangkang - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 19 Januari 2020

Ajak Warga14 Ulu Gotong Royong Bersihkan Aliran Sungai Kangkang


PALEMBANG, BS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengoptimalkan gerakan gotong royong melalui rapat koordinasi guna melibatkan seluruh elemen masyarakat serta jajaran ASN maupun Non PNSD. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Drs Ratu Dewa MSi, dimana mengajak warga Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Gotong Royong bersihkan Anak Sungai Kangkang secara berkala.

Terlebih, sekda meminta melakukan kebersihan anak sungai secara berkala. Hal ini bertujuan, yakni jangan sampai anak sungai yang sudah dibersihkan saat gotong royong tak ada tindak lanjutnya lagi.

Pada Minggu, (19/1/2020) pagi, Dewa memimpin langsung kegiatan rutin gotong royong di Jalan KH Azhari RT 04, RW 02 Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Tak cukup sekali gotong royong kebersihan yang dilakukan, namun secara rutin dilakukan kebersihan oleh pihak kelurahan, kecamatan, PRKP, PUPR, dan instansi OPD.

Ratu Dewa mengatakan, implementasi dari revolusi mental yakni kegiatan gotong royong. Karena giat ini merupakan program unggulan pemerintah Kota Palembang, maka setiap minggu haruslah terus melaksanakannya.
“Kehadiran kita selaku pemerintah bersifat membangun dan memberikan motivasi kepada masyarakat, kita tadi melakukan pengecekan serta meninjau langsung bersama Dinas PRKP serta Dinas PUPR keadaan Sungai Kangkang. Kita temukan ada ketersumbatan aliran sungai, dengan temuan ini, nanti segera kita akan tindaklanjuti,” kata Sekda Kota Palembang saat di lokasi gotong royong.

Lanjut Dewa, beberapa waktu lalu, ada warga yang di luar daerah ini yang membuang sampah sembarangan di Jembatan Musi 4. Hal tersebut menjadi viral di medsos.
“Atas kejadian tersebut, saya intruksikan kepada instansi terkait untuk segera lakukan tindakan untuk menemukan oknum pembuang sampah. Alhamdulillah, saya memberikan limit waktu hingga jam 10.00, akhirnya Satpol PP bergerak cepat dan menemukan keberadaan pelaku beserta unit pengangkut serta berhasil mengamankannya,” ujar Dewa di depan masyarakat 14 Ulu.

Ia mengimbau kepada masyarakat Palembang, jangan membuang sampah sembarangan.
“Saya harap ketua RT, RW, tokoh masyarakat agar mengingatkan dan mengimbau warga dan masyarakat untuk tidak membuang sampah dialiran sungai maupun di tempat lainnya. Tolong buanglah sampah pada tempatnya, sehingga program Walikota Gotong Royong  dan bersih-bersih sungai yang menurut data yang ada terdapat lebih kurang 370 aliran anak sungai yang dibersihkan dan tersisa 95 dapat terselesaikan serta kembali normal seperti zaman kerajaan Sriwijaya,” imbau Sekda Kota Palembang sembari mengakhiri ucapannya.

Warga Kelurahan 14 Ulu RT 11, Ghasim (45) menyampaikan sangat setuju dengan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah Kota Palembang.
“Kami selaku warga sangat mendukung program gotong royong dan pembersihan aliran khususnya Sungai Kangkang ini. Kami berharap agar program ini terus berkelanjutan, kegiatan ini juga sangat membantu,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pera KP, Ir HM Affan Prapanca MT mengungkapkan, setiap minggu pemerintah Kota Palembang dan OPD untuk berbagi wilayah dan zona untuk melakukan secara rutin kegiatan gotong royong.
“Terkait dengan pelaksanaan kegiatan, kami sangat antusias secara bersama-sama untuk membersihkan aliran-aliran sungai yang kotor dan diselimuti dengan sampah,” akunya pria tersebut.

Ia menambahkan, warga harus mendukung semua program pemerintah, terkhusus menjaga kebersihan, ini merupakan  tanggung jawab bersama tanpa harus ditawar mengingat, saat ini sudah masuk musim penghujan.
“Perlu kita ketahui adanya camat dan lurah merupakan perpanjangan tangan pemerintah untuk melaksanakan serta mensosialisasikan semua kegiatan kepada masyarakat. Saya harap semua peran mereka harus dijalankan tanpa terkecuali dan hal tersebut selalu diingatkan oleh Sekda Kota Palembang agar masyarakat harus diarahkan untuk turut serta dan peduli untuk menjaga kebersihan,” tutupnya. (Jepri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here