Atasi Banjir Kelurahan Ajak Warga Gotong Royong - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 06 Januari 2020

Atasi Banjir Kelurahan Ajak Warga Gotong Royong


PALEMBANG, BS.COM - Kebanjiran saat musim penghujang bukan melanda di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) saja.

Namun, sebaliknya kebanjiran tersebut juga pula terjadi di sejumlah wilayah di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel). Itu kebanjiran rumah penduduk seperti di RT 02, RW 9, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang.
"Sekarang ini sejumlah rumah warga di sekitaran sungai mengalami kebanjiran. Dan, bahkan kebanjiran itu sampai ke daerah Masjid Baitullah," ujar Lurah Bukit Lama, Alexander, SIP, MSi diwakili Sekretaris Lurah Solihan, ketika dibincangi Berantasumsel, Senin (6/1/2020) di ruangan kerjanya.

Pihaknya tidak mengetahui secara jelas kebanjiran yang melanda rumah warga setempat. Menurutnya, hal ini kemungkinan akibat sebagian kecil masih terdapat warga membuang sampah dari hulu sungai itu.
"Sehingga sampah menyangkut dan bertumpukan di sungai itu jadinya," kata dia.
"Terlebih lagi daerah kita di sekitar masjid itu rendah. Sedangkan diatas jalan rayanya tanjakan tinggi," tambah pria tersebut.

Upaya yang dilakukan pihak kelurahan guna mengantisipasi jangan sampai kebanjiran lagi, lanjutnya, sejauh ini masyarakat usai melakukan gotong royong bersama bersih sungai dan termasuk juga sekaligus pembersihan got jalan raya.
"Selain itu, pihak dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) Kota Palembang kita sudah turun ke lapangan. Mudah-mudahan ada jalan keluarnya nanti," terangnya seraya menyebutkan sungai tersebut mau dikerok atau pun yang lainnya dari pemerintah kota, lurahnya yang lebih jelas terkait informasi hal ini.
"Kita menghimbau mereka (warga, red) kita asal 19 RW dengan 75 RT supaya tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke dalam sungai. Bukan hanya itu, kebersihan lingkungan haruslah dijaga. Apalagi kini musim penghujan, buat menghidari terjangkit demam berdarah dengue (DBD)," pesannya lelaki berkulit sawo matang dan mudah senyum tersebut.

Ahmad (50), salah satu masyarakat setempat tak menampik belum lama ini penduduk di daerahnya selesai melaksanakan gotong royong bersama, sesuai dengan perintah RT dan WR mereka.
"Kebanjiran sungai sampe masuk-masuk ke dalam rumah kami kemaren itu. Memang ujannyo deras nian pak. Selain itu ditambahkan lagi angginnyo kencang pulo. Dengan durasi sekitar sejam adolah ujan deras ni," kata pria tersebut dengan didampingi sejumlah warga lainnya dikonfirmasi terpisah. (Jepri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here