Berbagai Pihak Siap Mengantisipasi Atasi Banjir - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 06 Januari 2020

Berbagai Pihak Siap Mengantisipasi Atasi Banjir


PALEMBANG, BS.COM - Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan SIK, SH, MH mengatakan bahwa stakeholder yang terkait dengan bencana seperti TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Dinkes, Dinas Pekerjaan Umum di Sumsel sudah siap mengantisipasi segala bentuk bencana alam yang mungkin terjadi di Provinsi Sumsel.

Hal ini disampaikannya usai video conference dengan Kabaharkam Polri terkait kesiapsiagaan menangani bencana alam yang ada di Sumsel bersama TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Dinkes, Dinas Pekerjaan Umum ketika di ruang Catur Prasetya Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman Palembang Senin (6/1).
“Beberapa hari ke depan kami bersama stakeholder akan membangun posko terpadu  dan apel kesiapansiagaan. Ada tiga jenis potensi bencana alam yang terjadi di Provinsi Sumsel seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor,” kata Rudi Setiawan kepada wartawan Senin (6/1/2020) usai video conference.

Dikatakan Rudi, dari laporan stakeholder terkait di antaranya BPBD, Basarnas, Dinkes, dan Dinas Pekerjaan Umum semuanya sudah siap mengantisipasi segala bentuk bencana alam yang mungkin bisa terjadi di Sumsel.
“Kalau dari polri membentuk operasi khusus Aman Nusa II yang dibentuk langsung oleh kapolri yang diketuai oleh Kabaharkam Mabes Polri. Sementara untuk ditingkat Polda Sumsel sendiri diketuai kapolda dan wakapolda,” tambah Rudi.

Lebih lanjut ditegaskan Rudi, selain antisipasi stakeholder terkait juga telah siaga dan jika sewaktu waktu bencana alam terjadi personel siap diterjunkan yang fokus utamanya menyelamatkan korban dan penanganan korban pasca bencana.
“Intinya pemerintah selalu hadir dalam setiap bencana alam yang terjadi untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada korban,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan kondisi sekarang ini sudah melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi bencana banjir, tanah longsor, dan puting beliung saat ini sudah menaikkan statusnya menjadi siaga ke provinsi.
‘’Dan sudah kita laporkan kepada Bapak Gubernur Sumsel. Sedangkan untuk Status kabupaten dan kota sudah ada yang berstatus siaga juga. Artinya pemerintah kabupaten dan kota dan Pemerintah Provinsi Sumsel sudah siaga mengantisipasi baik itu siaga dari personil, peralatan, maupun dukungan lainnya,’’ cetusnya.
"Pada prinsipnya Provinsi Sumatera Selatan siaga dalam rangka untuk mengantisipasi bencana alam yang ada di Provinsi Sumatera Selatan," kata dia. (Jepri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here