Disdukcapil Optimis Tuntaskan Program KTP Warga - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 21 Januari 2020

Disdukcapil Optimis Tuntaskan Program KTP Warga


PRABUMULIH, BS.COM - Sesuai dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dalam hal ini, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pemerintah harus menyelesaikan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) warga di kota ini.

Adapun yang dimaksud dengan penyelesaian program KTP-EL warga tersebut, baik itu terkait bagi masyarakat pemula seperti anak sekolahan yang sudah memasuki usia KTP, atau pun sebalik bagi masyarakat yang pindah dari luar daerah masuk ke Prabumulih.

Setidaknya hal tersebut diungkapkan Kepala Disdukcapil Kota Prabumulih, Haryadi. Diakunya, bukan hanya mereka yang pindah dari luar saja dicetak ulang KPT. Namun, sebalik bagi mereka yang pindah alamat berasal kecamatan dalam kota ini.
"Itu hal KTP mereka (warga, red) kita juga kita cetak ulang. Dan, termasuk juga mereka dari KTP Siak ke KTP-EL siap dicetak," imbuhnya.

Dikatannya, semua program dan termasuk pelayanan akte kelahiran, kematian, kartu keluarga (KK) dan lain sebagainya.
"Sejauh ini tetap kita berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang berurusan. Terlebih program cetak KTP tersebut harus selesai sebelum 5 tahun kedepan sebelum berakhirnya jabatan walikota kita sekarang," tegas pria mudah tersenyum dan ramah itu, dibincangi Berantassumsel.com, Selasa (21/1/2020) di ruangan kerjanya.

Pihaknya menghimbau bagi warga yang belum merekam dan mecetak KTP-EL, lanjut dia, sebaiknya segera mungkin melakukan perekeman di kantor camat masing-masing.
"Apalagi sekarang blangko KTP-EL-nya mumpung lagi banyak," pesannya.

Upaya dilakukan pihaknya supaya nanti masyarakat setidaknya 98 persen target dapat memiliki KTP tersebut, terutama yang tinggal jauh dari pusat perkotaan.
"Nah, disini kita mempunyai program jempot bola perekeman ke desa/kelurahan-kelurahan dari 6 kecamatan yang ada," kata dia.
"Begitu pun sama kami pun pula mendatangi SMA/SMK kita. Program jempot bola ini sesuai dengan situasi dan kondisi (sikon) kinerja kita di kantor," tukasnya sejauh ini pihaknya belum bisa memprediksikan antara tahun lalu dengan tahun sekarang menyangkut jumlah warga yang mencetak maupun yang baru merekam KTP-EL, karena belum mencapai sebulan Tahun 2020.

Terlebih selama ini dirinya memang sama sekali belum pernah melakukan perekeman KTP-EL. Artinya, ia masih memiliki KTP Siak.
"Tapi berhubungan KTP Siak infonya dak berlaku lagi buat berbagai berurusan. Ya, terpakso aku merekam KTP-EL di Kantor Camat Prabumulih Timur. Sudah itu tinggal aku ngembeknyo lagi di Kantor Disdukcapil kito," terang Novri Ari (32), asal domisili RT 9, RW 03, Perumahan Nasional (Perumnas) 4, Vina Sejahtera 2, Kelurahan Gunung Ibul (GI) Kecamatan Prabumulih Timur dibincangi terpisah. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here