Musim Penghujan Desa Pangkul Gencar Gotong Royong - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 30 Januari 2020

Musim Penghujan Desa Pangkul Gencar Gotong Royong


# Bakal Bangun Tempat Wisata dan Perindah Keramat Puyang

PRABUMULIH, BS.COM - Selain mengantisipasi jangan sampai warga terjangkit penyakit demen berdarah dengue (DBD) musim penghujan saat ini, Desa Pangkul dibawah pimpinan Kepala Desa (Kades) Jakaria Yadi, SH juga gencar mengadakan gotong royong lingkungan bersama warganya.

Dimana gotong royong tersebut dilaksanakan tidak lain demi menjaga kebersihan lingkungan desa itu sendiri. Baik itu kebersihan soal rumput yang menjamur oleh musim penghujan atau pun sampah bertumpukan didalam Sungai Kelakar Jembatan Dusun 4, juga tak luput ikutan dibersihkan puluhan warga setempat.
"Itu paret yang dibersihkan mereka (warga, red) kita perbatasan Dusun 2 dan 3. Karena paret itu sudah penuh tertimbun tanah dan nanti akan dilakukan perbaikan peningkatan," jelas Kades Pangkul, Jakaria Yadi SH, ketika dibincangi, Kamis (30/1/2020) di sela-sela mengikuti kegiatan gotong royong bersama warganya.

Bukan hanya got  dilingkungan Dusun 2 semata yang dilakukan gotong warganya, kata Jaka begitu ia disapa, termasuk juga sebaliknya hari pun pula sama warga sekaligus membersihkan sampah yang menyangkut ditiang Jembatan Sungai Kelakar Dusun 4 tersebut.
"Dengan demikian, air sungai kita dari hulu ke hilir dapat mengalir lancar jadinya," imbuhnya pria tersebut yang kini juga merupakan anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Prabumulih.

Dikatakannya lebih jauh, meskipun ia terbilang baru menjadi Kepala Desa Pangkul dengan memimpin sebanyak 7 Dusun dan 1,200 Kepala Keluarga (KK) dengan 4 ribuan jiwa. Diakuinya, tentu memiliki segudang program yang peruntukkannya bermanfaat bagi masyarakat banyak.
"Adapun salah satu program kita sekarang, yakni akan membuat tempat wisata sungai warga disekitar Sungai Kelakar ini," kata pria berkulit sawo matang dan murah tersenyum itu.

Selain tempat wisata yang bakal digarap pihaknya nanti. Dan, terlebih lagi makam/keramat puyang leluhur di desanya juga sekalian dipercantikkan fasilitas pendukung bangunannya.
"Yang pada akhirnya sebelum warga atau pengunjung bermain ke tempat rekreasi itu. Warga tentunya bertamu terdahulu ke makam buat mendoakan kakek-nenek sebagai leluhur kita," tambahnya lelaki itu.

Demi terkabulnya kedua program desa dan lain sebagainya sesuai dengan kehendak masyarakat bersama. Hal ini, tentunya tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan.
"Artinya, baik warga di desa kami, masyarakat luas, pemerintah kota serta pihak-pihak lain diharapkan bersatu padu dalam mendukung program ini. Apapun yang ingin dibantukan masyarat demi kemajuan desa kita. Saya selaku kepala disini siap menerima bantuan dengan senang hati," pungkasnya seraya menyebutkan bantuan yang dimaksud pihaknya semacam bahan bangunan dan pohon penghijauan untuk perindang lokasi sebuah wisata desanya nanti.

Terlebih, siapa pun yang terpilih masyarakat menjadi Kepala Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih Sumatera Selatan (Sumsel), haruslah membawa kemajuan dan keberhasilan desa dari berbagai lini pembangunan dari kades sebelumnya.
"Sehingga desa kami kedepannya semakin maju dan pula tak kalah penting dapat bersaing dengan desa lain terkait sejumlah perlombaan yang diadakan pemerintah. Baik itu lomba tingkat kota, provinsi dan bahkan hingga ke tingkat nasional," pinta Wadi (34), salah satu warga setempat dikonfirmasi terpisah didampingi sejumlah warga lainnya. (Red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here