Warga Bitis Gelumbang Inginkan Jalan Mulus - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 26 Januari 2020

Warga Bitis Gelumbang Inginkan Jalan Mulus


# Kades Bitis Usulkan Jalan di Musrenbang

MUARA ENIM, BS.COM - Mayoritas Warga Desa Bitis,  Kecamatan Gelumbang,  Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, menginginkan jalan raya di desa mereka mulus dan tanpa berlubang.

Pasalnya, warga dan Kepala Desa (Kades) Bitis telah mengeluhkan kondisi jalan di desa mereka yang sudah bertahun-tahun belum juga tersentuh pembangunan sama sekali.

Seperti halnya Umar (65), seorang warga Desa Bitis mengungkapkan, bahwa kondisi jalan kabupaten yang masuk di Desa Bitis sangat parah karena banyak lobang yang mengangga serta aspal yang mengelupas dinilai cukup parah.

Hal senada dikatakan Soleh (60) warga lainnya yang menyatakan, bahwa sepanjang 5 kilo meter (KM) dari arah Gelumbang menuju Desa Bitis bahkan hingga ke Desa Gumai kondisi jalan sangat rusak parah. Terlebih kondisi ini sudah bertahun-tahun terjadi.
"Ya, saya dengar Kades Desa Bitis terpilih kita sudah mengajukan usulan, ya semoga saja cepat direspon," keluhya pria paruh bayah tersebut.

Terpisah, saat dikonfirmasi di kediaman Kapala Desa Bitis, yakni Rizal mengaku terkait kondisi jalan yang rusak dan warga menginginkan jalan bagus tersebut. Pihaknya sudah memberikan usulan pada tahun 2019 lalu ke Anggaran Belanja Tambahan /ABT ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terkait, namun belum ada respon. Bukan hanya itu, juga pada awal tahun 2020 ini juga sebaliknya pun sama sudah dimasukkan di musrenbang yang berharap dapat segera direalisasikan.
"Seharusnya kondisi jalan ini sudah lama dibangun sebelum saya menjabat kades yang baru berapa tahun ini. Namun kita tetap berusaha maksimal agar jalan kabupaten di desa kami cepat dibangun melalui APBD Kabupaten," ungkap Rizal.

Kondisi jalan rusak ini, lanjut Rizal, akibat drainase yang dangkal hingga air meluap ke jalan bahkan pihaknya kerap memperbaiki melalui swadaya msyarakat.
"Usulan musrebang tahun ini agar pihak terkait dapat merespon dan cepat segera turun mengecek kondisi jalan di Desa Bitis ini," pintanya.

Pantauan dilapangan, jalan dengan panjang kilo meter yang mengalami kerusakan berat, dan terkhusus bagi kendaraan roda dua terlihat berhati-hati ketika melintas. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here