Kepala Dinkes Akui Belum Miliki Laboratorium Covid-19 - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 Maret 2020

Kepala Dinkes Akui Belum Miliki Laboratorium Covid-19


PRABUMULIH, BS.COM -Seluruh fasilitas kesehatan di Kota Prabumulih akan siap melakukan penanganan pertama jika ada warga yang diidentifikasi suspect Corona Virus (Covid-19). Apalagi, saat ini virus itu sudah masuk dan menyebar di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih Dr, Happy Tedjo saat dibincangi oleh wartawan, Rabu (18/03/2020).

Rumah Sakit dan Puskesmas Kota Prabumulih sebenarnya mampu untuk menangani pasien yang terpapar Virus Corona (Covid-19) tersebut.

Namun sayangnya, untuk pemeriksaan virus tersebut harus dilaboraturium rumah sakit rujukan yang ada di Kota Palembang, kerena di Kota Prabumulih belum ada fasilitas itu.
“Tentunya kita akan terus bertahap untuk dapat menangani pasien yang terindikasi suspec Virus Corona, dan petugas medis yang ada dikita sudah mulai memahami SOP untuk penanganan pasien yang terindikasi terkena virus. Namun sayangnya di kita belum ada laboraturium yang dapat memeriksa positif atau tidaknya pasien yang terjangkit virus tersebut, jadi harus di rujuk ke palembang,” ungkapnya.

Menurut dia, masyarakat sebenarnya tidak perlu panik berlebihan, namun harus tetap waspada, serta terus menjaga kesehatan.
“Lama-lama virus ini bisa menjadi seperti flu biasa. Kita ambil contoh Virus Sars yang sempat melanda, memang diawal virus tersebut bergerak sangat hebat, namun lama kelamaan virus tersebut menghilang. Itu yang dinamakan kekebalan Masal. Nah itu yang kita tunggu, kalau sudah ada kekebalan masal, walaupun pasien terkena virus tersebut, tapi dampaknya tidak begitu parah,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Tedjo, jika seseorang terkena virus tersebut, cukup hanya menisolasi diri sendiri di rumah. Namun dengan catatan ia mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi.
“Tapi kan tidak semua orang mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi, maka dari itu kita wajib terus berpola hidup sehat, untuk meminimalisir dampak dari virus tersebut,” jelasnya.

Dan jika masyarakat masih bingung mengenai penangan diawal atau pertolongan pertama jika seseorang di temukan terindikasi Corona Virus (Covid-19) bisa menghubungi Public Safety Center (PSC) Kota Prabumulih dengan nomor Telpon 119.
“PSC sudah menjadi andalan jika masyarakat Kota Prabumulih butuh bantuan, karen PSC sudah terlatih untuk melakukan penanganan jika nantinya memang itu terjadi,” kata dia. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here