Musrenbang RKPD 2020 Sebagai Konsep Pembangunan Kabupaten Muara Enim - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 17 Maret 2020

Musrenbang RKPD 2020 Sebagai Konsep Pembangunan Kabupaten Muara Enim


MUARA ENIM, BS.COM - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan melalui Badan Perencana dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muara Enim melaksanakan Musyawarah Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim, Selasa (17/03).

Adapun tema musrenbang tahun ini, yakni Muara Enim Unggul Berdaya Saing. Musrenbang RKPD bertujuan untuk memacu perangkat daerah dalam rangka menyusun rencana kerja perangkat daerah, dan pelaksanaan program dengan baik.
"Selain itu membahas dan menyelaraskan usulan dari hasil musrenbang kecamatan dari hasil reses DPRD sesuai prioritas pembangunan," ucap Ketua Pelaksana Musrenbang RKPD Ramlan Suryadi.

Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muara Enim H Juarsah SH menyampaikan bahwa Musrenbang Tingkat Kabupaten Muara Enim ini merupakan tahapan perencanaan pembangunan yang telah diselenggara secara berjenjang. Tentunya diawali dengan penyusunan pembangunan yang aspiratif dan partisipatif. Antara lain melalui forum musrenbang seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Dikatakan Juarsah, dalam penyusunan pembangunan tahun 2021 ada 6 prioritas pembangunan. Diantaranya; pertama penanggulangan kemiskinan, dan pemantapan infrastruktur dasar. Kedua, pemerataan layanan pendidikan, kesehatan yang berkualitas dan pengembangan UMKM unggul dan industri kreatif.

Bukan cuma itu, termasuk juga penguatan ketahanan pangan, SDM unggul dan pelayanan prima serta lengelolaan lingkungan hidup dan terakhir penanggulangan bencana.

Prioritas pembangunan tersebut akan menjadi pedoman bagi semua dalam merencana anggaran pendapatan dan belanja daerah guna melaksanakan program kegiatan pada tahun 2021 yang akan datang.
"Instruksikan seluruh perangkat daerah mendukung RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 agar mempedomani peraturan perundang-undangan terbaru yang berlaku, sesuai dengan arahan presiden yang tertuang di RPJMD Tahun 2020 hingga 2024. Hal itu yang mencangkup pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transportasi Ekonomi," ungkap Juarsah.

Bupati berharap Kabupaten Muara Enim dapat mensinkronisasi dengan prioritas pembangunan yang telah disusun.
"Melalui Musrembang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2020 program dan kegiatan yang telah disusun dapat kita sepakati, akan menjadi bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Muara Enim pada tahun 2021.

Program kegiatan yang pendanaannya melalui APBD Provinsi dan APBN, akan kita sampaikan dalam forum Musrenbang Provinsi Sumatera Selatan yang dijadwalkan pada April 2020 dan Musrenbang Nasional di April 2020 yang akan datang.
"Kami optimis dan percaya bahwa dengan kerjasama, kerja keras, dan kerja cerdas, seluruh komponen yang ada di Kabupaten Muara Enim kedepan kita semua dapat wujudkan Muara Enim untuk rakyak yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera," pungkasnya. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here