Status Dokter Prabumulih Dirawat RSMH Masih PDP - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 20 Maret 2020

Status Dokter Prabumulih Dirawat RSMH Masih PDP


PRABUMULIH, BS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Sumsel), Lesty Nurainy membenarkan seorang dokter di Prabumulih sedang dirawat di RSMH Palembang, Jumat (20/3/2020).
"Bener dirujuk, kondisi detil belum terinfo," kata Lesty.

Diketahui sang dokter memiliki riwayat sakit diabetes.
"Sekarang sedang diisolasi di RSMH, statusnya PDP (pasien dalam pengawasan). Sekarang menunggu hasil di Jakarta, hasil kemungkinan keluar dalam waktu 1 atau 2 hari," kata Lesty.

Selain itu, Lesty juga mengabarkan, 3 pasien dengan status PDP yang diisolasi di RSMH sejak beberapa hari lalu dinyatakan negatif corona.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik (Yanmed) RSUD Prabumulih, dr Dwinta Inayasari, belum mengetahui dengan jelas kondisi terbaru dokter itu.
"Hasil pemeriksaan masih gejala demam berdarah. Lalu dibawa ke Palembang atas permintaan dokter itu sendiri," ujarnya.

Dwinta mengaku belum tahu pasti kondisinya sekarang karena ditangani tim medis Palembang dan pihaknya tidak bisa mengetahui.
"Untuk hasil pemeriksaan kan 2 hari kedepan, untuk apanya belum tau juga, lebih jelas di Palembang," bebernya.

Ditanya apakah ada upaya terhadap pegawai RSUD Prabumulih yang kontak langsung dengan dokter itu, Dwinta mengaku pihaknya saat ini melakukan pendataan pegawai-pegawai kontak langsung dengan yang bersangkutan.
"Kami lagi pendataan dan ada beberapa pegawai kontak langsung memang rencana kita akan dirumahkan. Upaya dirumahkan, tapi mau lihat data dulu pegawai-pegawai kontak langsung," tegasnya.

Lebih lanjut Dwinta menambahkan, pihaknya juga melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan disefektan ke seluruh ruangan dan memeriksa suhu tubuh orang keluar masuk rumah sakit dan wajib menggunakan hand sanitizer.
"Seluruh ruangan kita lakukan penyemprotan disinfektan termasuk ruangan dan seluruh kawasan rumah sakit dari depan hingga belakang," bebernya.

Perlu diketahui, warga Kota Prabumulih khususnya para pegawai RSUD Prabumulih mendadak gempar.

Penyebabnya beredar kabar seorang  dokter menjalani perawatan isolasi di RSMH Palembang setelah sebelumnya dirawat di RS Siloam karena mengalami demam tinggi.
kritis di ruang isolasi RSMH Palembang dan hingga saat ini belum diketahui perkembangannya.

Kabar yang tersebar secara berantai di grup-grup Whatsapp (Wa) serta media sosial lainnya itu bahkan dengan cepat beredar dan menjadi perbincangan masyarakat maupun para pegawai.

Bahkan beberapa pejabat mengaku memang benar dokter itu kritis dan diisolasi di ruang RSMH Palembang.
"Kalau informasi kami dapat memang beliau sempat kritis semalam, belum dapat dipastikan akibat apa tapi memang beliau sering sakit dan ada DBD," ungkap satu diantara pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih enggan disebutkan nama, Jumat (20/3/2020).

Hal yang sama disampaikan salah satu pejabat di RSUD Prabumulih yang mengaku memang akibat informasi beredar itu para pegawai rumah sakit menjadi panik.
"Memang beliau dirujuk ke palembang atas permintaan sendiri ke rumah sakit Siloam, lalu diisolasi ke RSMH Palembang. Kita juga masih menunggu informasi kebenaran," kata dia. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here