Jalan Penghubung Antar Desa Danau Gerak dan Cahaya Alam Longsor - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 04 April 2020

Jalan Penghubung Antar Desa Danau Gerak dan Cahaya Alam Longsor


# Kades Sebut Akses Jalan Lumpuh Total

MUARA ENIM, BS.COM - Longsornya Jalan penghubung antara Desa Danau Gerak dengan Desa Cahaya Alam dan sejumlah desa lain di wilayah Kecamatan Semende, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) terjadi, Sabtu (04/04).

Peristiwa longsornya jalan tersebut diduga akibat intens curah hujan yang cukup tinggi.

Kades Danau Gerak tak menampik jalan penghubung di Desa Danau Gerak bawah pimpinannya longsor.
"Longsornya jalan itu sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi. Untuk sementara  jalan belum bisa dilewat kendaraan roda empat maupun roda dua. Dan kami akan berusaha untuk mencari jalan alternatif untuk bisa dilalui paling tidak kedaraan roda dua. Kami akan berkordinasi dengan warga pemilik kebon di sekitar lokasi longsor, guna meminta izin kebunnya untuk dilalui kendaraan  sementara," cetus Hendri.
"Saya berharap Pemerintah Kabupaten Muara Enim, menurunkan bantuan seperti alat berat untuk segera memperbaiki jalan penghubung Desa Danau Gerak yang rusak parah itu. Mengingatkan jalan ini satu-satunya askes masyarakat keluar dari desa, karena ini merupakan bencana alam," harap kades.

Hal senada dikatakan Kades Cahaya Alam yang menyampaikan melalu video rekaman yang dikirim melalui Whatsapp (WA) Grup. Diakunya, jalan penghubung Desa Cahaya Alam dan Danau Gerak kondisi sekarang ini lumpuh total, karena tidak ada jalan lain selain jalan ini dan harapan kami secepatnya ditanggulangi," ujarnya.

Sementara di tempat terpisah Ilham warga Desa Danau Gerak mengatakan jalan penghubung Desa Danau Gerak dan Desa lainnya Longsor sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi. Dengan panjang longsor sekitar 10 meter dan dalamnya mencapai 20 meter dan retak retak sekitar 50 meter," akunya.
"Dia berharap Agar jalan ini cepat di perbaiki memingat ini jalan satu-satunya untuk keluar masuk ke Desa Danau Gerak," keluhnya.

Sementara itu, Juarsah SH selaku Pelaksana Tugas (PLT) Kabupaten Muara Enim terkait jalan longsor antara kedua desa tersebut meminta Dinas PUPR cepat tanggap mengatasi permasalahan ini.

Hal tersebut diungkapan orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang saat meninjau lokasi longsor bersama rombongan sekitar pukul 15.00 WIB.
"Karena jalan ini satu-satunya yang menuju Desa Danau Gerak, agar kiranya masalah jalan longsor ini dapat diselesaikan dengan baik," ucapnya.
"Kepada pemerintah desa agar dapat berkoordinasi dengan warga untuk membuat jalan alternatif yang melewati kebun warga. Supaya dalam hal ini baik dari pemerintah maupun warga tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan," ungkapnya.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra SH, SIK, MM menambahkan pihaknya menghimbau pemerintah desa untuk memasang rambu-rambu atau garis polisi disekitar jalan yang longsor tersebut. Supaya masyarakat tahu bahwa jalan ini sedang rusak akibat longsor sehingga tidak bisa dilewati.
"Untuk masyarakat supaya kiranya tidak memasuki atau pun melewati kawasan yang terjadi longsor tersebut karena berbahaya," pesan dia. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here