Pemerintah Bantah Terkait Warga Desa Sebau Kelaparan - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 22 April 2020

Pemerintah Bantah Terkait Warga Desa Sebau Kelaparan


# Daluna dan Rohima Dirawat ke RSUD Pratama

MUARA ENIM, BS.COM - Sempat menjadi viral dijagat dunia maya karena diduga dua warga Desa Sebau,  Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim  mengalami kelaparan, akhirnya kedua warga tersebut dilarikan ke RSUD Pratama Gelumbang pada Rabu, (22/04).

Camat Gelumbang Syarkowi, S, Sos diwakili H Amrulah, selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim mengungkapkan, bahwa kedua warga itu telah dibawa ke RSUD Gelumbang untuk dilakukan perawatan medis. "Keluarga mereka ini mengalami gangguan mental dan kini Daluna (23) dan Rohima (21) telah kita rawat di RSUD Gelumbang. Dan, terkait kronologi riwayat mereka ini telah mendapatkan bantuan dari pemerintah dari tahun 2015 lalu sampai tahun 2020. Seperti bantuan program bedah rumah, PKH, BPNT dan kartu JKN," ujarnya.

Dikatakan Amrulah, kini mereka telah dirawat secara medis dan pagi tadi pihaknya mendampingi mereka bersama Ponira SH anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Syarkowi S, Sos Camat Gelumbang dan Satpol PP Danramil 404-01 Kapten Arh Mardin, SE  
AKP Priyatno SIK, Kapolsek Gelumbang dan Bhabin Kamtibmas dan Musadat SKM Kepala Puskesmas Gelumbang.

Sementara data keluarga mereka tersebut, lanjut dia,  yaitu Amal Bin Yusufi (25) tidak bekerja, karena keterbelakangan mental suka mengambil jatah makan adik-adiknya. Lalu, Daluna Binti Yusufi (23) tidak bekerja kondisi kurus dan tertekan mental. Kemudian, Rohima Binti Yusufi (21) tidak bekerja kondisi keterbelakangan mental,  namun masih agak sehat dan Ilhami Binti Yusufi (19) tidak bekerja dan diangkat anak oleh Susilawati Normal.

Dimana alamat keluarga mereka berada di RT 09, Dusun II Desa Sebau Kecamatan Gelumbang Kabupaen Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala RSUD Pratama Gelumbang Kabupaten Muara Enim Iwan Setiawan saat dikonfirmasi membenarkan telah menerima  2 orang yakni Daluna dan Rohima dirawat di RSUD Kecamatan Gelumbang dan diberi pelayanan medis
"Guna penanganan kesehatan yang bersangkutan, dan tidak ada penyakit atau virus masuk seperti Covid-19," jelasnya.

Pantauan dilokasi RSUD Pratama Gelumbang tersebut tampak unsur tripika dan muspida serta seorang anggota DPRD Dapil 3 Samudera Kelana juga turut hadir melihat dan memberi dukungan kepada para keluaga yang mengalami keterbelakangan mental itu.

Sementara Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muara Enim, H Juarsah SH saat dikonfirmasi melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Protokol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Ari membenarkan bahwa warganya telah dirawat di RSUD.
"Sudah kita perintahkan dinas sosial dan dinas kesehatan untuk turun kelapangan guna meng-kroscek kebenaran itu. Dan pak bupati usai kegiatan rapat dan penerimaan tamu di kantor Bupati Muara Enim akan meluncur melihat kondisi warga Desa Sebau itu," tegasnya. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here