Ancaman Karhutlah, Kodim 0404 Bentuk Tim Kesigapan - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 10 Juni 2020

Ancaman Karhutlah, Kodim 0404 Bentuk Tim Kesigapan


MUARA ENIM, BS.COM - Menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) pada saat musim kemarau nanti, Komando Distrik (Kodim) 0404 Muara Enim, Sumatera Selatan menggelar Simulasi penanganan bencana alam Karhutla bertempat di Makodim 0404, pada Rabu, ( 10/06).

Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafruddin didampingi perwira Staf Yudha Korem 044 Gapo Mayor Inf Banu Cahyono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kesigapan Kodim 0404 Muara Enim dalam menghadapi ancaman karhutla ditiga wilayah naungan Kodim 0404 Muara Enim.
"Ya, kegiatan ini sebenarnya inisiasi program latihan bencana dari Makorem 044 Gapo dalam menghadapi ancaman musibah alam,  sesuai topologi daerah kodim masing masing. Seperti Kodim Lahat Bencana banjir dan tanah longsor, kodim kita karhutla dan bencana- bencana alam lainnya," ucapnya.

Lanjutnya, latihan simulasi posko satu bencana alam yang digelar ini melibatkan untuk teknisnya kedepan sekitar 100 orang dari jajaran TNI dan 30 orang personil dari instansi ASN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.
"Sesuai tupoksi masing-masing untuk berkoordinasi satu sama lain agar musibah kebakaran karhutla cepat tertanggulangi sedini mungkin nantinya," jelasnya.
"Kita harus antisipasi karena sebelumnya medan karhutla cukup rumit karena lahan gambut dan peralatannya kurang ideal yang memang butuh kesiapan yang tepat dalam penanganan terhadap bencana karhutla tahun ini," tutup Dandim 0404
 Mayor Banu Cahyono Perwira Staf yudha Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) menuturkan sesuai dengan arahan dankorem terhadap penanganan bencana alam di Sumsel dengan membawahi 8 kodim untuk berkoordinasi satu sama lain bersama stakeholder terkait terhadap bencana alam sesui dengan topologi kultur alam di kodim wilayah masing masing.
"Kita lakukan simulasi ini guna koordinasi satu sama lain bersama stakeholder terkait, sehingga diharapakan dalam menghadapi bencana alam yang akan datang cepat kita tanggulangi," pungkasnya. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here