Desa Sidomulyo Terpilih Jadi Kampung Tangkal Covid-19 - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 02 Juni 2020

Desa Sidomulyo Terpilih Jadi Kampung Tangkal Covid-19


MUARA ENIM, BS.COM - 
Kampung Tangkal Covid-19 Desa Sidomulyo, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan pada Selasa, (02/06) secara resmi dilauncing oleh Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra, SH,SIK, MM dan PLT Bupati Muara Enin H Juarsah SH dengan dihadiri unsur Forkompida Kabupaten Muara Enim yang dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Acara dibuka oleh Surono Ketua Gugus Tugas Covid-19 dan memaparkan unggulan Kampung Tangkal Covid-19 di Desa Sidomulyo memiliki Pos Siaga Covid-19, rumah isolasi, perpustakaan desa dan untuk ketahanan pangan Desa Sidomulyo miliki persawahan 15 Ha, sayuran dan palwija 2 Ha, peternakan dan kolam ikan sebanyak 20 kolam. Dan selain itu ada juga ada produksi UKM aneka macam keripik, minuman herbal dan pupuk organik.

Surono mengucapkan terima kasih yang telah terpilih sebagai laucing Kampung Tangkal Covid-19 di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim dari 10 desa yang diusulkan dari perwakilan polsek yang ada di wilayah hukum Polres Muara Enim dengan ketahanan pangannya yaitu Desa Karya Nyata Kecamatan Semendo, Desa Pulau Panggung Kecamatan Tanjung Agung, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Desa Air Talas Kecamatan Rambang Niru, Desa Tapus Kecamatan Lembak, Desa Sukamerindu Kecamatan Lubai, Desa Petar Dalam Kecamatan Sungai Rotan, Desa Tambangan Kelekar Kecamatan Gelumbang dan Desa Sumber Rahayu Kecamatan Rambang.

Kampung Tangkal adalah inisiasi Kapolda Sumsel dalam menangkal dampak dari pandemi Covid-19, bersama Gubernur, Pangdam dan Bupati dan Walikota.
"Demi mewujudkan kekuatan daya tangkal dari satuan kecil yaitu desa/kelurahan yang diberi nama kampung tangkal itu," ujarnya.

Kampung ini berfungsi menangkal dampak Covid-19 diantaranya di bidang kesehatan ada posko siaga covid bekerjasama dengan dinkes dalam menangkal covid, swasembada pangan, bansos dan mengatasi dampak sosial seperti bimbel, ngaji dan posko keamanan.
"Kemampuan dalam menangkal dampak Covid-19 ini maka akan tercipta kondusifitas di daerah masing-masing. Kegiatan ini dimotori bhabin kamtibmas sebagai perwujudan dulur masyarakat bersama dengan babinsa dan kepala desa dalam membentuk Kampung Tangkal Covid-19," ucapnya.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra SH, SIK, MM berharap Kampung Tangkal ini dapat diikuti oleh kelurahan dan desa yang ada didalam Kabupaten Muara Enim dalam menangkal dampak Covid-19.
"Kita juga mengusulkan nama kampung tangkal yang ada di Kabupaten Muara Enim diberi nama Belide yang artinya Bersama Lindungi Desa," terang kapolres.

Sementara Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan desa ini sangat luar biasa banyak prestasi-prestasi yang didapat dan semoga desa ini dapat menjadi percontohan dan studi banding nasional dari desa-desa lain yang mencontoh Desa Sidomulyo.

Dan termasuk Kampung Tangkal Covid-19 ini semoga dapat diikuti oleh kelurahan dan desa-desa lainnya sebagai percontohan dalam meningkatkan kemampuan dalam menangkal dampak Covid-19 dilingkungannya. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here