Pegawai OPD dan Anggota Dewan Belanja Bersama - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 01 Juni 2020

Pegawai OPD dan Anggota Dewan Belanja Bersama


// Bangkitkan Ekonomi Para Pedang Terminal Lingkar

PRABUMULIH, BS.COM - Bentuk dukungan dan apresiasi Pemerintah Kota Prabumulih, Sumatera Selatan kepada para pedagang dan pengecer demi menyukseskan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), Walikota Prabumulih Ir, H Ridho Yahya MM diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Eman ST, MM memerintahkan jajaran Kepala Badan, Dinas, Bagian, Camat, Lurah, Kades, Kepala Puskesmas, dan Kepala sekolah, untuk berbelanja bersama diterminal Type B Jalan Lingkar Timur.
"Sebelumnya sosialisasi dan pemindahan pedagang pasar pagi di Terminal Pasar Tradisional Modern (PTM) ke Terminal Type B Lingkar Timur. Hal ini dilakukan dalam rangka pengaturan jarak pedagang selama penerapan PSBB di Kota Prabumulih," ungkapnya.

karena belum stabilnya omset pedagang, lanjut dia, dimana lokasi jalan lingkar masih dinilai cukup jauh. Oleh karena hal tersebut walikota berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi pedagang kecil atau pengecer yang telah menempati lokasi Terminal Lingkar Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih mengerahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan kegiatan belanja bersama.

Upaya Pemkot Prabumulih selalu mencarikan solusi seperti menyiapkan fasilitas dua bus antar jemput bagi pembeli yang akan berbelanja dengan rute PTM PTM II ke terminal jadwal operasi bis mulai jam 10 malam hingga jam 6 pagi. Terlebin pembeli bisa menelpon sopir jika ingin dilayani diantar jemput.

Drs Aris Priadi, Assisten 1 saat dikonfirmasi menjelaskan, digelarnya kegiatan belanja bersama ini tidak lain adalah untuk membangkitkan gairah ekonomi pasar dimasa pandemi wabah virus corona. Sebab banyak pedagang yang mengaku pendapatan mereka mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19 ini menyerang Kota Prabumulih.
“Untuk itulah kita mengerahkan OPD untuk berbelanja bersama di Pasar Pagi Terminal Lingkar Timur. Tujuannya tidak lain agar ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ujarnya saat meninjau aktifitas pedagang di Pasar Pagi Terminal Lingkar Timur, Senin, (1/06/2020) dini.

Agar aktifitas ekonomi pasar terus berkembang, pihaknya telah mengatur jadwal belanja bersama yang melibatkan seluruh OPD mulai dari dinas, kepala badan, camat, lurah, kepala desa, kepala dekolah, kepala puskesmas untuk turun ke pasar berbelanja memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga.
“Mereka para pedagang sudah mau pindah ke lokasi yang telah disiapkan di Terminal Lingkar Timur. Untuk itu kita juga harus turut mensuport dengan cara belanja bersama. Dengan ini kita harapkan pedagang bisa terbantu dalam sisi ekonominya,” jelasnya.

Masih kata Aris, tidak hanya untuk belanja bersama, dengan dikerahkannya seluruh OPD ini diharapkan mereka juga bisa mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjalani protokol kesehatan. Khususnya dalam menjaga jarak, penggunaan masker serta cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.
“Intinya belanja sambil sosialisasi protokol kesehatan kepada pedagang dan pembeli. Penggunaan masker di pasar pagi ini wajib untuk pedagang maupun pembeli,” katanya

Sementara itu, Mat Amin SAg Anggota DPRD asal Partai PKS yang juga terlihat sedang berbelanja. saat diwawancari ia mengajak para pedagang dan pembeli untuk mematuhi protokol kesehatan serta mensukseskan PSBB, dan selalu mendukung keputusan pemerintah sepanjang untuk kebaikan bersama.
”Apalagi jalur jalan lintas ini sudah layak ada sarana publik baru dan sebagai alternatif pilihan bagi warga, selain itu juga untuk perkembangan kota kedepan akan cepat tumbuh setelah PSBB kita akan mengevaluasi mengingat PTM cukup sempit dan menghindari kemacetan jalan sudirman tentunya keputusan apa yang ditetapkan pemerintah kita dukung,“ ungkapnya

Lanjutnya ia pun mengajak kepada rekan anggota DPRD lainnya untuk mengajak dan menganjurkan keluarganya berbelanja ke pasar pagi di terminal jalan lingkar.
”Mungkin teman-teman dewan lain sudah ada yang datang berbelanja ke pasar pagi, dan tidak ada salahnya juga bagi anggota dewan untuk melihat kondisi dilapangan bagaimana situasi pasar pagi, sekalian belanja dan bersosialisasi, mungkin juga rekan dewan lainnya sudah menganjurkan keluarganya agar belanja ke terminal jalan lingkar ini," tukasnya

Riska satu diantara pedagang mengaku senang dengan dikerahkannya seluruh OPD untuk belanja di Pasar Pagi Terminal Lingkar Timur. Dengan demikian diharapkan pembeli atau pengunjung pasar pagi makin ramai.
“Mudah-mudahan saja hal positif seperti ini bisa menambah pemasukan kita sebagai pedagang sayur. Dan kami juga merasa senang berdagang disini karena lahannya yang luas dan nyaman,” aku wanita itu. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here