Demi Raih WBBM Imigrasi Muara Enim Resmikan Layanan Inovasi Publik - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 23 Juli 2020

Demi Raih WBBM Imigrasi Muara Enim Resmikan Layanan Inovasi Publik


MUARA ENIM, BS.COM - Guna meningkatkan pelayanan dan peningkatan kualitas untuk publik Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Sumatera Selatan meresmikan Layanan Inovasi Publik dan Hibah Renovasi Ruang Pelayanan pada kantor kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut dalam rangka menunjang peningkatan kualitas pelayanan publik menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), bertempat di Aula kantor Imigrasi Muara Enim, pada Kamis, (23/07/2020).

Kepala Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha SH, MAP mengatakan, peresmian inovasi layanan publik serta hibah tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik menuju Imigrasi Muara Enim sebagai WBBM.
"Kami mohon doa restunya semoga kantor Imigrasi Muara Enim dapat menyandang predikat WBBM, tak henti-hentinya kami melakukan terobosan membuat berbagai inovasi agar bisa memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan keimigrasian," ucap Made.

Dikatakan Made, ada berberapa poin inovasi yang telah dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat salah satunya berkerjasama dengan Disdukcapil yaitu layanan SIDUK (Sinergitas Imigrasi Dukcapil).
"Ya, aplikasi SIDUK ini untuk mempermudah masyarakat memvalidasi data kependudukan secara cepat mudah dalam layanan paspor," terang Mede.

Selain aplikasi SIDUK dirinya juga menambahkan ada pula aplikasi IKM PINTAR yaitu aplikasi indeks terhadap kepuasan masyarakat untuk penilaian dan komentar masyarakat kepada Kantor Imigrasi Muara Enim.
"Nah, aplikasi ini langsung terintegrasi ke saya, jadi pegawai pun tidak ada yang tahu, kalau ada masyarakat komplin terhadap pelayanan imigrasi yang tidak baik," ujarnya.
"Sebagai bahan evaluasi saya untuk menegur pegawai tersebut, sehingga menjadi acuan untuk pegawai imigrasi kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Muara Enim pada umumnya," tegasnya.

Dengan adanya inovasi IKM ini menjadi kontrol atas penilaian kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan petugas, sehingga kinerja imigrasi dalam memberikan pelayanan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dapat terwujud," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Kakanwil Kemenkum HAM Sumsel melalui Kepala Divisi keimigrasian Kemenkum HAM Sumsel, Syafar Muhammad Godham mengatakan, dirinya sangat bangga pada tahun ini dua perwakilan Muara Enim mewakili Provinsi Sumsel ke pusat sebagai kandidat dalam meraih predikat WBBM yaitu kantor Imigrasi Klas ll Non TPI Muara Enim dan Lapas kelas ll B Muara Enim.
"Sekali lagi saya ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah berkontribusi dalam memberikan kemajuan tersebut. Semoga sinergitas ini tetap terjalin lebih erat lagi," ungkapnya.

Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muara Enim H Juarsah menyampaikan dukungannya serta apresiasi setinggi-tingginya terhadap layanan inovasi publik terhadap Imigrasi Muara Enim.
"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim mendukung, dan apresiasinya sekali terhadap inovasi layanan publik ini, teruskan berinovasi, agar menjadi tolak ukur kami sehingga dapat menjadi contoh kepada yang lain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal," ungkap Juarsah.

Dirinya juga menambahkan, ia sangat bangga terhadap dua instansi di Kabupaten Muara Enim dapat mewakili Sumsel dalam meraih predikat WBBM di Kementerian PAN-RB.
"Sekali lagi saya ucapan selamat, semoga Kantor Imigrasi Muara Enim segera menyandang predikat WBBM, sehingga dapat menjadi contoh kepada lainya, khususnya di Dinas Pemerintah Kabupaten Muara Enim," pungkasnya. (Junaidi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here