Lestarikan Lingkungan Lewat Tanam Batang Durian - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 07 Februari 2020

Lestarikan Lingkungan Lewat Tanam Batang Durian


PRABUMULIH, BS.COM - Sebagai bentuk kepedulian dan juga pelestarian lingkungan, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan gerakan tanam pohon dibantaran Sungai Kelekar Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Jumat (07/02/2020).

Program pelaksanaan tanam pohon produktif berupa pohon durian itu diharapkan bisa menghasilkan, dan juga mendukung kelestarian lingkungan.

Tidak hanya itu, giat tersebut juga bertujuan untuk membangun sinergisitas antara KNPI Kota Prabumulih dan Pemerintah Desa Pangkul dalam rangka mewujudkan ekonomi kerakyatan.
“Pagi ini kita beserta rombongan menanam 30 pohon durian di pinggiran Sungai Kelekar Desa Pangkul, yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan yang kedepan nanti mudah-mudahan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkap Ketua KNPI Kota Prabumulih Aden Tamrin SE didampingi oleh Humas PT Samtan Gas Prabumulih Hari Maradona.

Ketua KNPI Prabumulih beserta jajaran melakukan proses penanaman pohon durian di pinggiran Sungai Kelekar Desa Pangkul.

Menurut Aden, penanaman pohon durian di pinggiran sungai itu tidak hanya untuk melestarikan lingkungan, namun dari akar pohon itu juga dapat menahan erosi atau pengikisan tanah pinggiran sungai.

Selain itu, buah durian dapat dinikmati langsung oleh masyarakat sekitar, dan tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya pinggiran sungai yang ditanami pohon durian itu bisa di jadikan tempat wisata untuk masyarakat.
“Kita tau bahwa buah durian sangat disukai oleh masyarakat, terutama masyarakat Kota Prabumulih. Karena itu jika nanti pohon durian ini sudah menghasilkan buah, tidak menutup kemungkinan tempat ini akan menjadi tempat wisata buah durian, sehingga dapat meningkatkan ekonomi untuk masyarakat disini,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pangkul Jakaria Yadi SH mengungkapkan,
Kegiatan ini muncul karena ada potensi lahan pasif di bantaran sungai kelekar yang belum dimanfatkan secara optimal.
“Sebelumnya kami banyak berterima kasih dengan pihak KNPI Kota Prabumulih beserta jajaran yang sudah melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat maupun bagi lingkungan seperti ini. Kedepannya kegiatan seperti ini bakal kita canangkan terus di desa ini,” ungkap Kepala Desa yang belum lama ini dilantik dan juga sebagai pengurus KNPI Kota Prabumulih PK Cambai.

Ia menghimbau kepada masyarakat sekitar, untuk membantu dan merawat pohon yang telah di tanam bersama-sama itu.
“Dengan kehadiran tanaman pohon dibantaran sungai ini, saya harapkan masyarakat disini untuk ikut membantu dan merawat pohon yang telah kita tanam bersama-sama ini, serta hasilnya nanti dapat kita nikmati bersama,” ajaknya pria tersebut. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here