Ribuan Prajurit dan PNS Kodam Sriwijaya Ikuti Sosialisasi Narkoba - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 09 Maret 2020

Ribuan Prajurit dan PNS Kodam Sriwijaya Ikuti Sosialisasi Narkoba


PALEMBANG, BS.COM - Ribuan Prajurit dan PNS Kodam II/Swj beserta Persatuan Istri Prajurit (Persit) di wilayah Garnizun Palembang, Sumatera Selatan berasal satuan Makodam II/SWJ, Balakdam II/SWJ, Yonif Raider 200/BN dan Yon Arhanudse 12/SBP, mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) TNI AD tahun ini.

Kegiatan Sosialisasi dan Uji Petik P4GN yang diselenggarakan Tim Terpadu Spamad Mabesad ini dibuka Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Irwan, Senin (9/3/2020) pagi di Gedung Sriwijaya Sport Center (SSC) Jalan Merdeka, Kota Palembang.

Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Irwan mengatakan masalah penyalahgunaan dan peredaran narkoba semakin mengkhawatirkan dan menjadi keprihatinan bersama, sehingga tidak salah jika presiden mengatakan bahwa Bangsa Indonesia sedang berada pada zona darurat narkoba.

Pangdam juga menekankan kepada prajurit dan PNS Kodam II/SWJ agar selalu waspada terhadap fenomena masifnya peredaran narkoba di Indonesia dan menyentuh segenap lapisan masyarakat, tidak terkecuali prajurit TNI. “Ini salah satu bentuk nyata perang modern, atau proxy war, dengan cara menggunakan narkotika sebagai senjata utama untuk melumpuhkan suatu kekuatan bangsa, merusak generasi bangsa Indonesia,” tegasnya.
"Mengingat dampak buruk peredaran dan penyalahgunaan narkoba tersebut bagi keselamatan negara. Dalam hal penanganan dan pencegahan peredaran narkoba terhadap personel Kodam II/SWJ, perlu kami laporkan bahwa Kodam II/SWJ tetap memegang teguh komitmen bahwa Prajurit, PNS dan Persit Kodam II/SWJ harus bersih dari narkoba dengan kata lain terlibat berarti pecat," katanya lagi.

Sementara itu, selaku penanggung jawab kegiatan sosialisasi dan Uji Petik P4GN, Aspam Kasad Mayjen TNI Widodo Iryansyah, menekankan bahwa narkoba merupakan musuh besar bangsa yang perlu diberantas peredarannya, tak terkecuali dilingkungan prajurit TNI termasuk di satuan jajaran Kodam II/SWJ.
“Salah satu dari 7 pelanggaran berat prajurit yaitu penyalahgunaan narkoba. Untuk itu prajurit harus bisa mawas diri dengan baik agar bisa terhindar dari pengaruh pergaulan yang buruk dan juga terhindar dari pengaruh bahaya narkoba. Karena ancaman hukuman yang diberikan untuk prajurit pun tidak main-main, dari mulai hukuman tahanan, bahkan sampai pemecatan dengan tidak hormat. Rehabilitasi akan diberikan setelah prajurit dinyatakan dipecat dari TNI”, tegas Aspam.

Pada bagian lain, Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan menjelaskan bahwa, tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran para prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarganya tentang bahaya narkoba. Sedangkan uji petik diselenggarakan untuk untuk mengetahui sampai sejauhmana tingkat kepatuhan hukum dikalangan prajurit dan PNS TNI AD untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.
“Dalam kegiatan Uji Petik P4GN hari ini, sebanyak 1000 orang yang hadir, masing-masing 800 orang prajurit dan PNS Kodam II/SWJ serta 200 Ibu-ibu Persit. Dari ribuan personel yang hadir tersebut, kemudian ditunjuk secara acak sebanyak 500 orang untuk melaksanakan tes urine. Setelah dilakukan tes urine, tidak ada satupun anggota yang menggunakan atau mengkonsumsi narkoba. Seluruhnya dinyatakan negatif” kata kapendam.

Djohan juga mengatakan bahwa Tim Terpadu Spamad Mabesad melakukan kegiatan Sosialisasi P4GN di wilayah Kodam II/SWJ ini dijadwalkan selama 5 hari kedepan, yaitu 9 sampai 13 Maret 2020. Direncanakan, keesokan hari Tim Spamad juga akan melakukan kegiatan sosialisasi dan Uji Petik kepada 250 prajurit gabungan dari jajaran Korem 044/Gapo ditambah dari satuan Kikav 5/GCC bertempat di Makorem 044/Gapo, Jl Jenderal Sudirman KM 5 Palembang.
“Selanjutnya, pada hari terakhir Tim Spamad juga akan bertolak ke Prabumulih untuk melakukan kegiatan Sosialisasi dan Uji Petik kepada 500 prajurit Yonzipur 2/SG, Yonkav 5/DPC dan Yonif 141/AYJP bertempat di Markas Yonzipur 2/SG, Prabumulih. Selain melaksanakan Sosialisasi P4GN, Tim Spamad juga memberikan Sosialisasi Panduan Penggunaan Media Sosial bagi Prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarganya,” tukasnya. (Jepri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here