Dinyatakan Negatif Positif Covid-19 Pasutri Pulang ke Rumah - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 13 Juni 2020

Dinyatakan Negatif Positif Covid-19 Pasutri Pulang ke Rumah


PRABUMULIH, BS.COM - Pasangan suami istri (pasutri) yang merupakan pasien positif Covid-19 asal Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya bisa kembali pulang ke Prabumulih setelah dinyatakan sembuh oleh Tim Kesehatan Covid-19.

Keduanya kini telah diperbolehkan pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga setelah hasil test swab dinyatakan negatif. Kedua pasien ini adalah Endar Pratikno (52) pasien nomor urut 262 dan Suwartinah (55) pasien nomor 652.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Happy Tedjo mengatakan keduanya merupakan pasien Covid-19 yang terkonfirmasi cluster Palembang. Pasutri ini menjalani masa perawatan di Rumah Sakit RK Charitas Palembang dan telah diperbolehkan pulang hari ini, Sabtu (13/06/2020).

Lebih lanjut dr Tedjo menjelaskan, terpaparnya kedua pasien berawal saat Suwartinah melakukan cuci darah rutin di RS Charitas Palembang dengan didampingi oleh suaminya. Mengingat kondisi pasien kurang sehat pihak medis kemudian melakukan rapid test terhadap pasien.

Berdasarkan hasil rapid test diketahui Suwartinah positiv Covid-19 sehingga dilakukan isolasi oleh pihak rumah sakit. Berikutnya rapid test juga dilakukan terhadap suaminya yakni Endar Pratikno yang djuga diketahui positif Covid-19.
"Untuk pasien atas nama Suwartinah sudah beberapa hari yang lalu dinyatakan sehat. Karena hasil test swab suaminya belum keluar makanya yang bersangkutan memilih masih tinggal di rumah sakit unruk menemani suaminya," ujar dr Tedjo.

Masih kata dr Tedjo, informasi kesembuhan pasien atas nama Endar Pratikno sebenarnya sudah keluar sejak Kamis (11/06/2020). Namun pihak gugus Covid-19 Kota Prabumulih belum menerima surat resmi dari rumah sakit tempat pasien dirawat.

Selain kedua pasien, sebanyak lima orang keluarga pasien yang bersangkutan juga tekonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan rapid test oleh satgas  Covid-19 Prabumulih. Kelimanya telah dinyatakan sembuh setelah hasil test swab negatif.
"Hari ini sudah kita terima surat resminya dan keduanya sudah kembali ke rumah. Dengan ini kita harapkan masyarakat bisa menerima kembali para pasien yang telah sembuh. Hasil test swab yang dilakukan hingga dua kali berturut-turut telah negatif," bebernya.

Meskipun sudah sembuh dari covid-19 namun para pasien diminta untuk tetap menjalani protokol kesehatan (prokes), menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak serta menggunakan hand sanitizer.
"Tetap jaga kesehatan dan menjaga daya tahan imun tubuh. Para pasien harus tetap menjalani masa isolasi mandiri di rumah selama kurang lebih 14 hari kedepan," imbuhnya seraya menuturkan untuk kasus pasien positif Covid-19 asal Kota Prabumulih yang dirawat saat ini telah habis. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here