DPMD Cek Kelompok Ternak Sejahtera Ulak Paceh - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 31 Januari 2023

DPMD Cek Kelompok Ternak Sejahtera Ulak Paceh



MUBA, BS.ID - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, H Richard Chahyadi AP, MSi monitoring kegiatan Ketahanan Pangan Kelompok Ternak Sejahtera Desa Ulak Paceh, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (31/01/22).


Dimana dalam memonitoring Kelompok Ternak Sejahtera Desa Ulak Paceh, Richard Chahyadi menyaksikan panen Ikan Nila, Emas dan Ikan Patin.


Ikut hadir dalam kegiatan tersebut dari DPMD Pengerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Beniyansenen SE, MSi, Camat Lawang Wetan Candra SKM, MSi ,PJOK Muzalani dan Staf Kecamatan, Kepala Desa (Kades) Ulak Paceh  Marzuani bersama perangkat desa dan  Kades Ulak Paceh Jaya Husni Tamrin.


Ketua Kelompok Ternak Sejahtera Netra Deni mengatakan, usaha ketahanan pangan ini dimulai kelompknya pada Tahun 2022 lalu dengan bantuan Dana Desa (DD) Kades Ulak Paceh.

"Kami buat kelompok terdiri dari 10 orang. Dengan keramba dengan ukuran 4X6 meter sebanyak lima keramba. Dan kami tempatkan dipinggir atau bantaran aliran Sungai Musi," akunya.


Keramaba tersebut diisi, lanjutnya, dengan bibit Ikan Nila, Emas dan Patin. Terlebih usaha kelompok ini dimulai tahun lalu dan sekarang di Tahun 2023 sudah panen  dua kali. Diakunyai, setiap panennya menghasili sekitar 1,5 ton setiap 5 bulan. Itu hal sesuai dengan pesanan dari penampung ikan yang datang ke tempat usaha mereka," tambahnya seraya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Muba kiranya dapat membantu penambahan kerambah, mesin pelet, dan penyuluhan dari dinas terkait.


Terlebih, Richard Chahyadi saat di lokasi tak lupa memberikan arahan kepada kelompok ketahanan pangan dengan menyampaikan agar di Tahun 2023 supaya kerambah ditambah lagi. 

"Itu bantuan bisa lewat dana ketahanan pangan. Dan, berharap bagi desa yang ada di bantaran sungai agar bisa membuat keramba juga," pesan pria manta Penjabat (PJ) Walikota (Wako) Prabumulih tersebut. (Pijai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here