Pimpin Apel Pemberangkatan PAM TPS, Kapolda Sumsel Ajak Jalankan Tugas Profesional dan Tanggung Jawab - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 11 Februari 2024

Pimpin Apel Pemberangkatan PAM TPS, Kapolda Sumsel Ajak Jalankan Tugas Profesional dan Tanggung Jawab



PALEMBANG, BS.COM - Dimana Minggu pagi (11/2/2024), bertempat di lapangan Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman Kota Palembang, Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo SIK, MIK memimpin apel pemberangkatan atau pergeseran pasukan ratusan personel yang akan melaksanakan BKO pengamanan TPS di Polres jajaran Polda Sumatera Selatan.


Rachmad Wibowo mengatakan, apel penggeseran pasukan dimaksudkan untuk mengecek personel dan perlengkapan personel yang akan bertugas memberikan dukungan perkuatan bagi satuan kewilayaan dalam mengamankan Pemilu Tahun 2024 tahap masa pemungutan suara di TPS dan penghitungan suara.


Dukungan pengamanan dari Satuan tugas daerah (satgasda) tersebut rencananya dilaksanakan sejak tanggal 11 hingga 17 Februari 2024, mendatang. Sebanyak 2,163 personel yang terdiri dari BKO Polda Sumsel 1,013 personel, BKO Brimob 640 personel akan disesuaikan dengan rayonisasinya serta pelibatan dari personel TNI sebanyak 510 orang, akan disebar ke Polres/Tabes Jajaran Polda Sumsel.


Irjen Rachmad Wibowo menilai pengamanan masa kampanye yang dilakukan sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024 telah terlaksana dengan baik dengan hasil terwujudnya situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif.


Rachmad menilai kondisi tersebut dapat terwujud berkat kerja keras dan kesungguhan seluruh Personel Polda Sumsel bersama stakeholder dan berkat dukungan seluruh komponen masyarakat Sumsel. 

“Tahapan Pemilu selanjutnya adalah tahap pemungutan suara dan penghitungan suara. Tahap ini sangat menentukan dan sangat berpotensi terjadi gangguan kamtibmas, keseriusan dan kesungguhan kita dalam melaksanakan tugas pengamanan ini sangat diperlukan demi terlaksananya pesta demokrasi yang aman dan demokratis,” papar Rachmad Wibowo.


Mantan Dirsiber Bareskrim Polri tersebut mengingatkan personelnya yang akan diterjunkan langsung ke kesatuan wilayah agar memahami bahwa tugas yang akan diemban cukup berat, memerlukan keseriusan dan kesiapan yang matang.

“Sukses dan amannya pelaksanaan pemilu ini menjadi perhatian kita karena akan menjadi titik awal terwujudnya pemerintahan yang demokratis, sehingga diharapkan dapat

meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia. Selain itu, situasi yang aman pada saat pemilu juga akan

mempengaruhi situasi kamtibmas secara umum,” urainya.


Kesempatan apel tersebut, Rachmad Wibowo memberikan pesan dan penekanan bagi seluruh jajarannya.

“Beberapa hal perlu saya sampaikan. Laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh keikhlasan yang diniatkan sebagai ibadah kepada Allah SWT dan pengabdian kepada

masyarakat, bangsa dan negara, itu yang pertama. Kedua, laksanakan pengamanan secara profesional dan

penuh rasa tanggung jawab dengan tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan, pahami setiap potensi kerawanan, jangan meninggalkan TPS sebelum seluruh kegiatan pemilu selesai,” tutur Rachmad Wibowo.


Iapun mengingatkan pentingnya menjaga netralitas dan profesiona dalam menjalankan tugas bagi jajarannya.

“Tetap konsisten untuk menjaga netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengamanan. Segera laporkan kepada pimpinan secara berjenjang setiap menghadapi situasi kontijensi, koordinasi dengan penyelenggara pemilu untuk dilakuka mitigasi,” lanjutnya.


Rachmad berpesan kepada jajarannya agar mendokumentasikan kegiatan, sehingga jikapun terjadi gangguan ataupun situasi yang tidak terkendali seperti pengrusakan surat suara, bisa dijadikan bukti dalam penegakan hukumnya.

“Baca dan pahami buku saku, pedomani dan jadikan petunjuk dalam pelaksanaan tugas pengamanan, hindari segala tindakan tidak terpuji karena dapat menurunkan citra institusi. Saya tidak mengharapkan ada petugas pengamanan yang justru menjadi pemicu terjadinya konflik,” tegasnya.


Kapolda Sumsel inipun mengajak seluruh jajarannya agar tak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan pemilu berjalan aman dan lancar.

Turut hadir pada apel tersebut Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK, MSi, Staf Ahli Pangdam Kolonel INF Tamba Tua Panjaitan, Danlanud SMH, Kolonel PnB Rizaldy Efransa ST, MNS, S, Dandenpom Mayor Laut (PM) Billy Ranggamalela, Danrem 044/Gapo diwakili Kasi Ops Kolonel INF Tri Yudianto, para Pejabat Utama Polda Sumsel, personel bantuan TNI serta liputan Media Mitra Polda. (Madon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here