Disdikbud Gandeng PWI OKUT - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 21 Oktober 2019

Disdikbud Gandeng PWI OKUT


#Terkait 14 Lomba Antar Siswa

PALEMBANG, BS.COM - Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) OKU Timur bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OKUT akan menyelenggarakan 14 tangkai lomba, yang terdiri dari 10 tangkai lomba antar siswa dan 4 tangkai lomba antar guru, baik dari jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP hingga SMA.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin SPd, MM melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Drs Saefudin Zuhri MM mengatakan, tujuan dilaksanakan berbagai tangkai lomba ini selain untuk memperingati 91 tahun sumpah pemuda, juga sebagai salah satu langkah untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, serta memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra.
“Sebab, bulan bahasa dan sastra secara rutin diselenggarakan Kemendikbud setiap Oktober sejak 1980 silam, sebagai bentuk memperingati hari lahirnya sumpah pemuda, yang menyepakati Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Pelaksanaan lomba ini sebagai tidak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat," ungkalnya.
"Hanya saja tangkai lomba lebih banyak kita adakan karena untuk meningkatkan pelestarian budaya daerah salah satunya melalui lomba cipta dan baca pantun komering,” ujarnya.

Adapun untuk 10 tangkai lomba antar siswa yang akan dilaksanakan diantaranya, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Cipta Cerita Pendek, Lomba Story Telling, Lomba Penulisan Feature, Lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Mendongeng, Lomba Film Pendek, Lomba Monolog dan Lomba Cipta dan Baca Pantun Komering. Selanjutnya untuk empat tangkai lomba antar Guru yaitu, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Cipta Cerita Pendek, Lomba Mendongeng serta Lomba Cipta dan Baca Pantun Komering.

Dijelaskannya, mengenai waktu pelaksanaan lomba di tingkat kecamatan atau zona, akan dilaksanakan serentak Sabtu (26/10) kemarin mendatang, dengan tempat ditentukan oleh Ketua Korwilcam atau Ketua Zona masing-masing. Sedangkan untuk puncak pelaksanaan lomba tingkat kabupaten OKU Timur dilaksanakan Minggu 3 November 2019, di Taman Singa Apur BK 10 Belitang.
“Sebelum pelaksanaan kita juga nantinya akan melakukan rapat persiapan. Diharapkan kegiatan ini bisa sukses dan berjalan dengan baik sesuai dengan tema yang kita usung yaitu dengan meruwat identitas budaya dan tradisi lokal OKU Timur, kita ikut merawat Bahasa dan Sastra Nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI OKU Timur, Edward Ferdinant SH sangat menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan dalam ranga memperingati Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2019.
“Pada kegiatan ini PWI OKUT diminta menjadi juri, untuk itu kita siap mensukseskan kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra di Kabupaten OKU Timur,” akunya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here