AMP Bakal Gelar Demo - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 03 Juli 2019

AMP Bakal Gelar Demo


#Pertanyakan Soal Limbah di Citimall Prabumulih

PRABUMULIH, BS.COM – Buntut perekrutan seleksi penerimaan pegawai diduga tanpa izin resmi dari Disnakertrans Kota Prabumulih oleh pihak retail Mr DIY di Citimall kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) berapa waktu lalu, membuat ratusan massa mengatasnamakan Aspirasi Masyarakat Prabumulih (AMP) bakal menggelar aksi demo.

Tak hanya itu, dalam rencana aksi damai yang akan digelar dalam waktu dekat ini, AMP juga akan mempertanyakan soal penanganan dan pengolahan limbah yang dihasilkan supermarket pertama di Kota Prabumulih tersebut sejak berdiri.

Ketua AMP kota Prabumulih, Tono kepada wartawan belum lama ini menyampaikan, terdapat sejumlah tuntutan terkait rencana aksi ini. Seperti meminta pihak manajemen citimall memberikan sanksi tegas terhadap pihak retail Mr DIY terkait seleksi penerimaan pekerja diduga tidak transparan yang diselenggarakan pada Rabu (26/6/2019) lalu.

Lalu tuntutan kedua, AMP meminta kejelasan aturan terkait pembuangan limbah yang dihasilkan citimall maupun izin yang dimiliki pihak perusahaan tersebut. Sebab, kata dia sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 9 Tahun 1990 tentang Pokok-pokok Kesehatan, bahwa setiap warga berhak memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.
“Yang jelas rencana aksi dalam waktu dekat ini akan digelar, namun sebelumnya kami akan menyampaikan surat izin terlebih dahulu ke pihak kepolisian secepatnya,” katanya.

Terkait perekrutan di Citimall Prabumulih itu, Tono juga menyebutkan jika sudah beberapa kali pihak mereka melakukan perekrutan yang dinilai pihak AMP banyak tenaga kerja dari luar kota.
“Ini kan terkesan seenaknya, bagaimana masyarakat mau tahu ada penerimaan karyawan jika tidak ada pemberitahuan. Polisi juga tidak diberitahu, bagaimana jika ada keributan,” terangnya.
“Tuntutan kami jelas, makanya kami akan gelar demo ini. Apalagi soal limbah citimall itu ke mana larinya, kalau membuang ke sungai maka akan menimbulkan masalah baru,” tambahnya.

Sementara menurut Afif, salah satu panitia rekrutmen tenaga kerja Mr DIY Citimall Prabumulih dalam seleksi penerimaan pegawai pihaknya memprioritaskan warga lokal Prabumulih khususnya yang berada di ring 1 citimall. Sebagaimana dikutip dari Portal RMOLSumsel, hal ini menurut Afif bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Prabumulih.
“Sudah dibilangin pak Yudi juga bahwa diprioritaskan untuk ring satu atau orang-orang yang berdekatan dengan citimall,” jelasnya.

Pihaknya juga membantah keluhan pelamar terkait proses seleksi tidak dilakukan dengan sistem absensi melainkan sistem tunjuk.
“Kita tetap ikuti sesuai absensi, kita tidak asal tunjuk gitu buktinya tadikan sudah rapikan,” ungkapnya.

Terpisah, pihak Manajemen Citimall Kota Prabumulih, Tengku mengatakan pihak manajemen citimall pusat juga akan segera memberikan pernyataan secara resmi kepada awak media terkait pemberitaan di beberapa media online maupun cetak soal rekrutmen tenaga kerja Mr DIY Citimall Prabumulih.
“Ada yang bisa dibantu mas, kalau soal rekrutmen itu nanti secepatnya ada pernyataan langsung dari team pusat untuk pemberitaan yang ada,” tandas Tengku saat dikonfirmasi portal ini melalui WhatsApp, Rabu (3/7/2019) petang ini. (KS/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here