Puskesmas Pauh Segera Layani Rawat Inap - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 12 Oktober 2019

Puskesmas Pauh Segera Layani Rawat Inap



MURATARA, BS.COM - Puskesmas Pauh, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang mendapat pujian dari Gubernur Sumsel, Herman Deru, SH, MH  pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muratara beberapa waktu lalu bukanlah pujian semata.

Puskesmas Pauh ini mempunyai wilayah kerja dan pelayanan kesehatan cukup luas, yakni melayani kesehatan masyarakat desa yang ada di Kecamatan Rawas Ilir. Diantaranya; Desa Pauh, Pauh 1, Batu Kucing, Belani, Mekar Sari, Ketapat dan Air Bening Desa Tanjung Raja.

Gedung puskesmas ini juga cukup megah dan pelayanannya cukup cepat sigap. Selain itu fasilitasnya sudah cukup lengkap, baik ruang IGD, ruang rawat inap dan berbagai ruang lainnya serta kendaraan operslasional, seperti dua unit mobil ambulan beserta perlengkapannya.
“Pegawai Puskesmas Pauh saat ini ada 70 orang, 23 PNS dan selebihnya pegawai honorer, diantarana dua orang dokter umum, satu dokter gigi, satu dokter gizi dan satu sarjana formasi apoteker,” terang Heruci, Kepala Puskesmas Pauh, Jumat (11/10/2019).

Dikatakan, pelayanan kesehatan dalam gedung puskesmas ini diantaranya, poli umum, gizi, lensia, laboratorium, kesehatan ibu dan anak, hingga konseling bahkan pelayaan pengobatan HIV/AIDS yang keseluruhannya mencapai 16 jenis.
“Saat ini pelayanan di puskesmas masih rawat jalan. Namun untuk pelayanan rawat inap akan segera mungkin dilaksanaan yang diperkirakan akan mulai beroperasi pada bulan depan,” ujar Heruci.

Dilanjutkannya, ada 144 jenis penyakit yang tidak boleh dirujuk, sesuai dengan kesepakatan dengan BPJS, kecuali penyakit yang membutuhkan tindakan spesialistik, seperti jantung, kroner, syaraf. Dan kalau penyakit non spesialistik, maka tetap akan dirawat di puskesmas dan tidak dianjurkan untuk dirujuk.

Diceritakan Heruci, bangunan puskesmas ini merupakan gedung baru yang dibangun pada 2018 dan mulai difungsikan sejak Januari 2019 untuk melayani masyarakat umum maupun masyarakat yang memiliki BPJS yang ada ditujuh desa di Kecamatan Rawas Ilir.
"Kita mengucapkan terima kasih pada pemerintah yang telah memfasilitai seluruh kegiatan puskesmas, baik dari motor, mobil, rumah dinas dan sebagainya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala staf TU, Siti Susamah menambahkan, pihaknya sering melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya kesehatan tersebut.
"Dimana dengan memberikan pemahaman akan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here