KKL, Mahasiswa STIH Serasan Muara Enim Datangi Ombudsman RI - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 24 Februari 2020

KKL, Mahasiswa STIH Serasan Muara Enim Datangi Ombudsman RI


JAKARTA, BS.COM - Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Mahasiswa dan Dosen STIH Serasan Muara Enim berkunjung ke Kantor Ombudsman RI, yang berada di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kunjungan tesebut semata-mata guna mengetahui tugas dan fungsi Ombudsman Republik Indonesia.

Kunjungan yang dihadiri sekitar 100 Mahasiswa STIH Serasan Muara Enim tersebut disambut Anggota Ombudsman RI, Adrianus Eliasta Meliala didampingi Asisten Utama Dominikus Dalu di ruang Serbaguna, Lantai Dasar Gedung Ombudsman Republik Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan itu.

Terlebih lagi, Andrianus menyambut baik dan mengapresiasi Mahasiswa serta Dosen STIH Muara Enim tersebut ingin lebih mengetahui tugas dan fungsi Ombudsman Republik Indonesia.
"Anda semua ini adalah teman ombudsman, kami senang dengan kunjungan ini. Karena anda semua merupakan perpanjangan tangan dari ombudsman," ujar Adrianus dalam sambutannya.
"Ombudsman adalah lembaga non-hukum yang mendukung cara-cara non-hukum dalam menyelesaikan masalah dengan cara mediasi atau konsiliasi. Jadi apa yang anda temukan dalam kuliah, mungkin tidak anda temukan disini," tambahnya.

Dominikus menjelaskan, jika masyarakat dalam mengakses pelayanan publik, seperti pengurusan SIM, KTP, BPJS, Sertifikat Tanah dan Perizinan lainnya tapi tidak dilayani itu bisa dilaporkan kepada ombudsman dengan diawali melapor ke bagian pengaduan internal instansi terkait. Apabila tidak ditanggapi maka bisa melapor ke ombudsman. Karena sebagai warga negara berhak mendapat pelayanan yang baik mengingatkan kita membayar pajak dan negara harus memberikan pelayanan.
"Kami juga melakukan sosialisasi, edukasi, diseminasi tentang keberhasilan ombudsman kepada publik. Seperti forum seperti ini juga merupakan upaya kita dalam menginformasikan tugas dan kewenangan ombudsman," terangnya.
"Memperbaiki birokrasi kita yang terlanjur koruptif dan malas tidaklah mudah. Orang yang datang ke ombudsman dengan segala masalahnya, kami di ombudsman sudah dibekali pelatihan bagaimana cara menghadapi pelapor dan birokasi. Karena ombudsman adalah lembaga seperti ombudsman ini merupakan tempat keluh-kesah masyarakat," ungkapnya lagi.

Diakhir paparannya, Dominikus mengungkapkan harapan dan terima kasih untuk kunjungannya ratusan mahasiswa bersama dosen di Kantor Ombudsman RI ini. "Semoga hal ini menjadi bahan bagi kita semua, mohon maaf kurang dan lebihnya, dengan senang hati kami di ombudsman dengan harapan adik-adik bisa menjadi duta ombudsman nanti. Dan, terlebih bisa menyampaikan seputaran informasi fungsi atau pun tanggung jawab ombudsman ke saudara, kenalan, dan sahabat apa itu lembaga yang namanya Ombudsman RI itu," pesan dia. (Red/ Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here