Puan Maharani Terima Dr dari Undip - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 15 Februari 2020

Puan Maharani Terima Dr dari Undip


BANDUNG, BS.COM - Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Puan Maharani diberikan melalui sidang terbuka di Gedung Prof Dr Soedarto SH, di Tembalang, Jumat (14/2/2019), yakni dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia.

Hadir pada sidang tersebut Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan keluarga dari Puan Maharani. Para pemimpin partai politik, sejumlah menteri dan anggota DPR RI, dan DPRD Jateng, DPRD Kabupaten dan Kota Se Jateng. Juga  hadir dalam sidang terbuka tersebut.

Bukan cuma itu, hadir juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Mantan Wapres Yusuf Kalla, Gubernur Jateng, para rektor perguruan di Jawa Tengah, Walikota Semarang Hendar Prihadi, Ketum DPP IKA FIB Undip Agustina Wilujeng Pramestuti, serta para pejabat lainnya.

Ketua Senat Akademik Prof Dr Sunarso menyatakan bahwa Senat Akademik Undip secara bulat menyetujui penganugerahan tersebut.
"Penganugerahan gelar doktor kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan Undip kepada seorang putra/putri bangsa yang memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap bangsa dan negara" tegas Prof Sunarso.

Sementara Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH, M, Hum mengatakan bahwa Puan Maharani secara nyata  telah berkontribusi  terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia.
"Jadi, persetujuan bulat Senat Akademik Undip tentu karena melihat kontribusi beliau yang sangat signifikan kepada ilmu pengetahuan, seni dan budaya, juga perhubungan antarbangsa dalam kebudayaan dan kemanusiaan, baik secara pribadi, maupun beliau sebagai Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan juga Ketua DPR,'' jelas  Prof Yos.

Rektor menambahkan, pengusulan Dr, (HC) Puan Maharani kepada Universitas Diponegoro diajukan banyak pihak, sejak Puan menjabat Menko PMK. Diantaranya berasal dari Budayawan Mohammad Sobary, Mendikbud Muhajir Efendi (sebelum jadi Menko PMK), Mohammad Mahfud MD (sebelum jadi Menhan), Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumi Fakultas Ilmu Budaya (DPP IKA FIB) Undip, dan lainnya.
"Prosesnya sangat panjang, sekitar satu tahun, dan bukan tiba-tiba" tutur Prof Yos.

Dalam prosesi penganugerahan gelar doktor HC Undip, Puan Maharani  menyampaikan pidato kebudayaan sebagai Landasan Utama Pembangunan  Manusia Indonesia Berpancasila menuju  Era Masyarakat 5.0.

Puan  memaparkan pemikirannya untuk menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai landasan utama kebijakan publik untuk pembangunan manusia berpancasila menuju masyarakat 5.0. Puan menjelaskan  pandangan sekaligus upaya dan solusi, juga bagaimana negara harus diberdayakan untuk menerapkan kebijakan publik berlandaskan kebudayaan untuk bidang kesehatan, pendidikan, seni, etika, ekonomi dan sosial. "Pentingnya kebudayaan sebagai landasan untuk membangun manusia atau kebudayaan untuk memanusiakan manusia.  Kebudayaan dijadikan  landasan untuk membangun peradaban manusia, berasaskan pancasila" tandasnya dalam pidato di hadapan sekitar seribu hadirin.

Selain itu penganugerahan HC ini merupakan yang pertama diterima oleh  Puan Maharani dalam usia 46 tahun, dan Doktor HC yang ke 13 di Undip.


Puan Maharani menyatakan, sudah banyak perguruan tinggi yang menawari penganugerahaan Dr, HC tetapi untuk pertama memilih Undip.
"Semoga penganugerahaan Doktor Honoris Causa ini memberi manfaat bagi saya, bagi Undip serta bangsa dan negara" tegas Puan

Puan diketahui sangat aktif mempromosikan kebudayaan Indonesia dalam perhubungan antar negara untuk kemanusiaan. Puan juga banyak menerima penghargaan, diantaranya meraih penghargaan Bintang Bhayangkara Utama, anugerah penghargaan Eminent Women of the Year 2019 dari Majalah Her Times, dan menjadi tokoh pertama di luar Arab Saudi yang menjadi tamu kehormatan dalam  Festival Kebudayaan Janadriyah.

Puan bahkan mendapat kesempatan berpidato pada pembukaan festival ke-33 yang di gelar di Riyadh, Arab Saudi, di depan Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhamammad Bin Salman. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here