Bantu Pemerintah, SMKN 5 Sosialisasi Cairan Hand Sanitizer - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 29 Maret 2020

Bantu Pemerintah, SMKN 5 Sosialisasi Cairan Hand Sanitizer


PALEMBANG, BS.COM - Terkait mewabahnya Covid-19, membuat siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang mencari terobosan baru untuk membantu pemerintah.

Kepala SMKN 5 Palembang, Sumatera Selatan, Drs, H Zulfikri SPd mengatakan, dalam dua hari terakhir siswanya menemukan cairan pembersih untuk menangkal pandemi virus corona yang sangat mematikan.
“Dengan cairan yang kita lebel hand sanitizer standard WHO ini, dapat membantu membersihkan tangan kita. Bahkan bisa menghindarkan kita dari sebaran Covid-19,” ujar Zulfikri dikonfirmasi, Minggu (29/3/2020).

Cairan sanitasi itu, katanya, hasil rumusan bahan-bahan yang terdiri dari alkohol 96 persen, H202 kadar 3 persen dan gilserol 98 persen.

Menurut Zulfikri, kandungan alkohol, H202 dan gilserol itu dapat membunuh virus corona.
“Saat ini anak-anak SMKN 5 Palembang berhasil membuat 20 lusin cairan pembersih, atau sekitar 240 botol,” katanya.

Gagasan dikembangkannya Hand Sanitizer Standard World Health Organization (WHO) ini, lanjut kepsek, karena keprihatinan terhadap novel coronavirus atau virus corona tipe baru yang baru ditemukan 2019 lalu.

Begitu cepatnya penyebaran covid-19, sehingga dalam tempo 24 jam, diperkirakan virus itu bisa membunuh 108 orang sekaligus.
“Karena keprihatinan itulah kami mencoba membantu pemerintah untuk mengurangi jumlah korban yang telah terinfeksi,” katanya.

Dari imbauan pemerintah agar masyarakat, terutama dunia pendidikan untuk bekerja dan belajar di rumah (work from home), siswa SMKN 5 Palembang justru merumuskan cairan pembersih tersebut.
“Insyaallah kita akan berkoordimasi dengan pihak Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) Sumsel untuk menyosialisasi cairan pembersih ini ke masyarakat,” jelasnya.

Selama virus corona menjadi momok yang dibicarakan masyarakat dunia, Zulfikri prihatin untuk ikut mencari jalan ke luar.
“Alhamdulillah anak-anak sekolah kita yang kreatif dapat membuat cairan hand sanitizer ini,” katanya.

Dalam pertemuan ilmuwan tingkat International Committee Taxonomy of Viruses, virus corona memang berbahaya. Karena itu WHO berusaha keras untuk membasmi penyakit berbahaya seperti infeksi Covid-19.
Dengan demikian semua orang bisa mencapai derajat kesehatan tertinggi.
“20 lusin cairan hand sanitizer ini sudah kita sampaikan ke IG Disdik SMK. Insyaallah kita akan terus membantu mengembangkan cairan pembersih ini untuk membantu pemerintah dan masyarakat,” kata dia. (Jepri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here