Ribuan Warga Akan Terima Bantuan Uang Rp 600 Ribu dari Kemensos - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 11 Mei 2020

Ribuan Warga Akan Terima Bantuan Uang Rp 600 Ribu dari Kemensos


PRABUMULIH, BS.COM - Sebanyak 3,583 kepala keluarga (KK) di Kota Prabumulih, Sumateta Selatan akan menerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan yang diberikan langsung dari Kementrian Sosial ini disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat khususnya warga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih, Heriyanto S, Sos menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendataan warga penerima manfaat yang telah ditetapkan sebanyak 3,583 KK. Pendataan itu dilakukan oleh petugas dinsos melibatkan kelurahan dan kecamatan se-Kota Prabumulih.

Meski sudah mendapatkan jumlah data warga penerima manfaat BLT namun bantuan tersebut hingga saat ini belum bisa disalurkan. Pihaknya masih menunggu keputusan penyaluran dari Kementrian Sosial.
"Untuk pendataan sudah dilakukan. Kita masih menunggu arahan dari pusat. Jika sudah ada kepastian dan menerima dana tersebut maka dana itu akan langsung kita salurkan," ujar Heri saat dibincangi pada Minggu, (10/05/2020).

Lebih lanjut Heri menuturkan, masing-masing KK akan mendapatkan saluran bantuan berupa uang tunai senilai Rp 600 ribu per bulan. Bantuan ini diberikan selama tiga bulan terhitung dari April, Mei dan Juni.

Menurutnya BLT tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Sosial kepada warga kurang mampu yang ekonominya terdampak Covid-19. Penerima manfaat BLT adalah mereka yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tetapi tidak menerima bantuan sosial reguler (DTKS Non-Bantuan Sosial Nasional) baik Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako.
"Untuk pencairannya nanti melalui rekening bank dan tarik tunai melalui kantor pos. Karena bulan April sudah lewat mungkin penyalurannya akan diberikan secara global antara Mei atau Juni nanti. Tinggal menunggu arahan dari pusat," imbuhnya lelaki itu. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here