MAN 1 Berikan Mapel Tambahan ke Siswa - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 18 Januari 2020

MAN 1 Berikan Mapel Tambahan ke Siswa


PRABUMULIH, BS.COM - Sudah menjadi rutinistas tahunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Prabumulih Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan jam tambahan kepada siswa Kelas 12 di sekolah mereka.

Dimana jam tambahan mata pelajar (mapel) yang diberikan sekolah bagi kelas 12, baik jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun ini. Tentunya akan diikuti siswa mulai 1 Febuari hingga 31 Maret atau selama dua bulan kedepan.

Adapun tujuan dari sebanyak 208 siswa kelas 12 jurusan IPA atau pun IPS mau tak mau ambil bagian mengikuti keempat mata pelajaran UNBK asal sekolah yang berada di Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur. Yakni, semata-mata terkait dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 ini.
"Nanti les tambahan mata pelajaran/bimbingan belajar (bimbel) internal buat mereka (siswa, red) kita dilaksanakan Januari dengan berakhir Maret sebelum pelaksanaan UNBK mereka," ujar Kepala Sekolah (Kepsek) MAN 1 Prabumulih, Muslim Arif, SPd, MSi, ketika dibincangi Berantassumsel.com di ruangan kerjanya juklat dan juknis menyangkut UNBK sudah diterima pihaknya asal Badan Standar Nasional Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dikatakannya, keempat bimbingan belajar mata pelajaran UNBK diberikan sekolah dari setiap guru mata pelajaran bersangkutan dibawah naungannya. Itu terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan satu mata pelajaran pilihan untuk siswa jurusan IPA.
"Dan, juga begitupun sebaliknya sama berlaku bagi murid jurusan IPS kita," ungkap pria mantan Kepsek MAN 1 Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan tersebut.

Terlebih, lanjut pria ramah dan mudah tersenyum tersebut, soal yang dibahas mereka dalam mata pelajaran itu. Berupa soal jawaban dan cara menjawab soal. Terkait cara menjawab soal yang baik dan benar. Hal ini diserahkan sepenuhnya kepada mata pelajaran tambahan UNBK guru bersangkutan.
"Nah, bimbingan belajar di sekolah ini harus diikuti semuanya buat murid kelas terakhir," tegasnya.
"Terkecuali kalau bimbingan belajar diluar sekolah mau dan tidaknya diserahkan kepada murid atau orang tua mereka itu sendiri. Tetapi, sebaiknya murid kita itu haruslah mengikuti bimbingan belajar diluar. Apalagi sekarang ini sudah ada bimbingan belajar online," pesannya.
"Sehingga hasil UNBK yang diperoleh siswa kita nanti dapat memuaskan sesuai harapan bersama," tambahnya seraya berpesan agar para orang tua melengkapi berbagai sarana dan prasana menyakut persiapan murid menghadapi ujian itu.

Hal serupa diungkapkan M Dafir SAg selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum (Wakakurikulum). Bukan cuma siswa dan siswa Kelas 12 saja mendekati Ujian Nasional Berbasis Komputer diberikan mata pelajaran tambahan di sekolahnya.
"Tak terkecuali sebanyak 552  murid kita kelas bawah, yaitu kelas 10 dan 11 harus lebih banyak mengulangi mata pelajaran yang diberikan guru kita saat di rumah," imbuhnya.

Hal itu dinilai cukup beralasan. Diakuinya bila ratusan pelajar mendapatkan rangking kelas. Baik itu rangking kelas 1, 2, 3 dan terlebih lagi meraih rangking umum setiap semesteran pembagian rapot.
"Mereka yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Dari sekolah dimasukkan kedalam kategori ruangan belajar kelas (RBK) ber-ac. Hal ini, tujuannya demi mensuport supaya mereka berlomba-lomba meraih prestasi di bidang akademik dan non akademik di sekolah kami," tukasnya program ini, merupakan salah satu program kepala sekolahnya terbaru dari berbagai program lain di dunia pendidikan madrasah ini. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here