Tetap Jalan, Kendaraan Sumbu Tiga Ditertibkan Satlantas Polres Prabumulih Bersama Dishub - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 12 April 2024

Tetap Jalan, Kendaraan Sumbu Tiga Ditertibkan Satlantas Polres Prabumulih Bersama Dishub



PRABUMULIH, BS.COM - Memberikan kenyamanan dan keamanan, pemudik melintasi wilayah Prabumulih. Satlantas Polres Prabumulih dan Dishub, Jumat (12/4/2024), melakukan penertiban terhadap kendaraan bersumbu tiga atau lebih tetap melintasi Kota Nanas ini.


Penyekatan kendaraan ini sendiri, dalam rangka tindaklanjut SKB 3 menteri dan juga keputusan Gubernur Sumsel soal larangan angkutan bersumbu tiga atau lebih melintas H-5 hingga H+5 dalam rangka lebaran Idul Fitri.


Kapolres Prabumulih, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) AKBP Endro Aribowo SIK melalui Kasat Lantas, AKP Muthemainah SH dikonfirmasi menjelaskan, kalau penyekatan ini dilakukan guna memberikan prioritas kepada pemudik.

“Penyekatan atau penertiban kita lakukan terhadap mobil barang sumbu tiga atau lebih. Mobil barang kereta tempelan, mobil barang kereta gandengan, dan mobil barang digunakan pengangkutan hasil galian (tanah, pasir, batu), hasil tambang dan bahan bangunan,” kata Muthe, sapaan akrabnya.



Aku Muthe, tidak hanya melakukan penyekatan terhadap kendaraan sumbu tiga atau lebih. Tetapi, juga mensosialisasikan kepada supir kendaraan bersumbu tiga tentang SKB 3 menteri tentang larangan melintas selama lebaran.

“Masih ditemukan kendaraan sumbu/lebih dari melintas di Jalan Lingkar Prabumulih, namun kendaraan tersebut melintas hanya mengisi BBM dan kembali lagi ke Yard di wilkum Prabumulih. Jika masih membandel, jelang tidak segan-segan melakukan penilangan dan juga pengandangan,” bebernya.


Pelaksana Tugas (PLT) Kadishub Prabumulih, Syamsul Feri SE, MSi mengatakan, penyekatan ini bagian dari upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalulintas dan terjadinya kemacetan pada arus balik lebaran 2024 atau 1445 Hijriyah.

“Agar pemudik merasa aman, nyaman dan ceria. Penertiban ini, akan secara rutin dilakukan guna memberikan imbauan kepada para supir kendaraan bersumbu tiga atau lebih, tidak boleh melintas hingga H+5 lebaran sesuai ketentuan dan aturan,” akunya.


Jika tetap membandel, tegaskan akan melakukan penindakan tegas kepada sopir dan kendaraan. 

“Kita berkolaborasi bersama satlantas melakukan penilangan dan pengandangan guna memberikan efek jera,” tutupnya. (BN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here