Dua Warga Prabumulih Berstatus OTG Dinyatakan Negatif Covid-19 - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 24 April 2020

Dua Warga Prabumulih Berstatus OTG Dinyatakan Negatif Covid-19


PRABUMULIH, BS.COM - Kabar gembira bagi warga Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel). Setelah menjalani isolasi dua minggu di Rumah Sehat Jakabaring Palembang dan dilakukan dua kali tes swab, akhirnya dua warga Kota Prabumulih yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dinyatakan negatif Covid-19 oleh tim medis kesehatan.

Kedua warga negatif Covid 19 itu, yakni A (70) dan YF (63) yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) dan merupakan orangtua dari istri almarhum (Alm) dokter E.

Sebelumnya pasien ini sempat jadi perbincangan di Prabumulih karena sempat berkeliaran sebelum dinyatakan positif waktu itu.

Hal itu diungkapkan Ketua Harian Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Prabumulih yang juga Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih, dr Happy Tedjo kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).
"Benar sekali ada dua pasien kita yang berstatus OTG dan diisolasi dua minggu di Palembang dinyatakan negatif Covid 19, kedua orang itu dua kali dilakukan tes swab dan hasilnya negatif atau dinyatakan sembuh makanya disarankan pulang," ungkap Tedjo.

Tedjo mengaku, kedua pasien tersebut langsung dibawa petugas kesehatan dari Palembang untuk dipulangkan ke kediamannya di Jalan RA Kartini Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.
"Sekarang masih dalam perjalanan dan sore ini langsung diantar ke rumahnya di Kelurahan Sukajadi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan itu menuturkan, kedua pasien itu diisolasi di Rumah Sehat Covid-19 Jakabaring lantaran sebelumnya kontak erat dengan istri almarhum dokter E.
"Mereka kan sebelumnya kontak erat makanya kita usulkan isolasi di Jakabaring Palembang, isolasi selama dua minggu dan dilakukan tes rapid serta swab dinyatakan negatif," bebernya.

Tedjo mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Prabumulih khususnya para tetangga agar menerima dua pasien layaknya warga biasa dan jangan mengucilkan karena keduanya sudah dinyatakan negatif atau tidak kena virus corona.
"Kami meminta agar jangan dikucilkan dua pasien ini, terima mereka seperti warga pada umumnya karena mereka tidak kena virus corona," pintanya.

Lebih lanjut Tedjo berharap seluruh masyarakat Kota Prabumulih untuk tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selalu mematuhi anjuran pemerintah untuk jaga jarak, menggunakan masker dan lainnya.
"Pola hidup bersih dan sehat harus selalu diterapkan, jaga jarak, pakai masker, jangan keluar rumah kalau tidak penting dan lainnya itu harus dipatuhi," pesan pria tersebut. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here