Rutan Prabumulih Tak Terima Pengunjung - Berantas Sumsel

Breaking

Berantas Sumsel

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 19 Maret 2020

Rutan Prabumulih Tak Terima Pengunjung


PRABUMULIH, BS.COM - Wabah Covid-19 atau lebih dikenal Virus Corona makin mengkhawatirkan karena telah memasuki negara Indonesia. Untuk mengantisipasi hal itu menulari para narapidana, Kementerian Hukum dan HAM khususnya Rutan Kelas II B Prabumulih, Sumatera Selatan melakukan sosialisasi pencegahan terhadap warga binaan.

Sesuai dengan surat edaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor PAS-08.OT.02.02 Tahun 2020 tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Virus Corona seluruh unit pelaksana Teknis Permasyarakatan membatasi kunjungan bagi Warga Binaan Rutan Kelas II B Prabumulih.

Kepala Rutan Prabumulih, Reza Meidiansyah Purnama, AMd, IP, SH melalui Kasubsi Pelayanan Warga Binaan, Efan Armen SH mengatakan, sesuai dengan surat edaran Kemenkum HAM RI maka pihaknya makukan sosialisasikan pencegahan terhadap warga binaan rutan.
"Mengingat telah menyebarnya wabah Virus Corona Kemenkum HAM kita adakan sosialisasi melalui pencegahan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sukajadi untuk memberikan tips pola hidup sehat dan himbauan bagi warga binaan maupun pegawai Rutan Prabumulih," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (18/03/2020), kemarin.

Antisipasi yang dilakukan Efan Armen menuturkan, pihaknya sudah menyediakan sanitizer bagi seluruh pengunjung Rutan Prabumulih untuk mencuci tangan dahulu sebelum masuk ke aula.
"Selama beberapa hari ini kita sudah menyediakan sanitizer sebagai pencuci tangan yang disiapkan untuk para pengunjung rutan maupun warga binaan sebagi antisipasi mewabahnya Virus Corona yang saat ini sudah dalam kondisi darurat di Indonesia," katanya.

Sesuai dengan surat edaran yang diinstruksikan dari Kemenkum HAM pusat mulai besok menutup kunjungan sampai batas dua minggu kedepan guna mencegah dan mengantisipasi Virus Corona walaupun di Kota Prabmulih saat ini masih berada di zona kuning namun tetap antisipasi," jelasnya.

Sementara itu, dr Indah selaku penanggung jawab Puskesmas Kelurahan Sukajadi mengungkapkan untuk sosialisasi kepada warga binaan dari definisi, gejala, maupun pencegahan sudah dipraktekkan dengan rajin mencuci tangan.
"Kita disini memberikan tips kepada warga binaan untuk selalu rajin mencuci tangan sebagai langkah awal antisipasi Virus Corona saat ini sudah kita praktekkan dari pencegahan maupun antisipasinya," ungkapnya.
"Kita himbau kepada masyarakat maupun warga binaan Rutan Prabumulih untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan terapkan pola hidup sehat," pesan wanita itu. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here